Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung - Medcom.id/Arga Sumantri.
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung - Medcom.id/Arga Sumantri.

Akbar Tandjung Tolak Percepatan Munas Golkar

Nasional partai golkar
Arga sumantri • 16 Agustus 2019 15:54
Jakarta: Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung tak sepakat wacana percepatan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar. Munas harus tetap dilaksanakan sesuai jadwal.
 
"Menurut saya Munas berikutnya tentu diadakan pada bulan Desember. Jadi tidak perlu ada percepatan-percepatan itu ya," kata Akbar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Akbar mengatakan masa jabatan kepengurusan sudah ditetapkan selama lima tahun. Penyelenggaraan Munas terakhir dilaksanakan lima tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tunggu lah, kan tinggal beberapa bulan saja, yaitu bulan Desember tahun 2019," tutur dia.
 
Akbar mengungkapkan anggota dewan kehormatan Golkar sudah menggelar rapat terkait Munas. Mereka sepakat Munas digelar sesuai jadwal.
 
(Baca juga:Milenial Golkar Merasa jadi 'Barang Dagangan' di Munas)
 
"Kalau ada satu desakan untuk rapat pleno sih ya boleh saja. Tapi bukan berarti dalam konteks percepatan daripada musyawarah nasional," ujarnya.
 
Menurut dia, tidak ada alasan mempercepat Munas. Forum tertinggi yang menghasilkan sejumlah keputusan strategis partai itu bakal memilih ketua umum lima tahun mendatang.
 
"Mekanisme itu menurut saya patut kita jaga. Karena kita organisasi yang berpegang pada mekanisme yang berbasis kesepakatan, katakanlah konstitusi yang kita telah sepakati," bebernya.
 
Sejumlah kader muda Golkar sempat meminta partai mempercepat Munas. Sesuai hasil Munaslub 2017, forum Munas baru digelar Desember 2019. Salah satu agenda Munas ialah memilih ketua umum periode mendatang.
 
Hingga saat ini, baru Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang memastikan maju kembali dalam bursa calon ketua umum. Nama lain yang digadang-gadang maju jadi pesaing Airlangga ialah Wakil Koordinator Bidang Pratama DPP Golkar yang juga Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).
 
(Baca juga:Aburizal Tak Setuju Munas Golkar Dipercepat)
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif