Aktivis Rocky Gerung. (Foto: MI/Rommy Pujianto)
Aktivis Rocky Gerung. (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Sikap Rocky Gerung Dinilai Melenceng dari Pancasila

Nasional ujaran kebencian
Fachri Audhia Hafiez • 09 Maret 2019 04:45
Jakarta: Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tak ambil pusing dengan cuitan akademisi Rocky Gerung. Dalam cuitannya, Rocky menyebut Hasto dungu.
 
"Ketika Rocky mencap saya dungu, saya terima kasih," kata Hasto di Jakarta, Jumat, 8 Maret 2019.
 
Masalah ini berawal dari tersebarnya video Rocky yang mengolok Kiai Haji Agus Salim. Dalam video yang viral itu, Rocky menyebut Agus Salim mirip kambing berjenggot.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasto menganggap perilaku Rocky tidak mencerminkan budi pekerti sebagai warga bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Dia bilang, Rocky juga membolehkan paham atheis dalam Pancasila.
 
"Pikiran yang salah tanpa kebaikan nurani lahirkan kata-kata yang hanya menjadi benalu peradaban kebaikan bangsa. Sebab kata-kata itu cermin sehatnya jiwa raga," ujar Hasto.
 
Rocky menganggap ucapan kepada Agus Salim merupakan satire seperti halnya dia saat mengajar di Megawati Institute. Namun, Hasto tetap tak menerima pembelaan Rocky itu.
 
"Saya tegaskan bahwa pintu Megawati Institute kini tertutup bagi sosok yang tidak memahami budi pekerti. Terlebih setelah Rocky Gerung menyatakan Pancasila menerima atheisme, maka pintu itu kini tertutup tembok yang sangat tebal," ucap Hasto.
 
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) itu menegaskan, hinaan Rocky terhadap Agus Salim mewakili rasa sakit warga Sumatera Barat, tempat kelahiran ulama besar tersebut. Hasto siap pasang badan. Bagi Hasto, hal ini sebagai bentuk tanggung jawab kebangsaan.
 
"Sumatera Barat telah melahirkan pahlawan nasional yang mengedepankan keutamaan nurani untuk bangsa. Kata-kata hina dari Rocky Gerung adalah titik hitam peradaban bangsa Indonesia yang menghormati pahlawan dan sosok ulama seperti KH Agus Salim," pungkas Hasto.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif