Indonesia Dorong Negara Asia-Eropa Atasi Terorisme
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Antara/Saptono.
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak seluruh negara Asia-Eropa memperkuat kerja sama dalam pemberantasan terorisme. Sebab, terorisme merupakan ancaman bagi keamanan nasional maupun internasional.
 
Hal itu diucapkan Kalla dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Eropa (KTT ASEM) ke-12, pada sesi Retreat di S9, Gedung Europa, Brussels, pada Jumat, 19 Oktober 2018.
 
"Indonesia sangat mengutuk terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya. Karenanya, kita harus memperkuat kerja sama untuk mengatasi ancaman ini," kata Kalla dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu, 20 Oktober 2018.
 
Kalla mengatakan salah satu penyebab munculnya terorisme dan radikalisme adalah ketidakadilan politik, ekonomi dan sosial serta ketidakpastian.
 
"Seperti halnya kekerasan bersenjata dan intervensi militer secara sepihak. Kondisi ini, secara sistematis mengikis kedaulatan suatu negara dan menghancurkan harapan suatu bangsa. Itu semua menghasilkan tempat berkembang biak yang sempurna bagi radikalisme dan kekerasan," ujarnya.

Baca: Penanggulangan Terorisme Perlu Tindakan Komprehensif

Kalla berharap seluruh negara mitra ASEM terus meningkatkan upaya melawan terorisme. Dia mengingatkan seluruh negara mitra terkait komitmen memberantas terorisme. Komitmen itu dibuat saat konferensi kontra terorisme ASEM yang digelar di Indonesia pada 2011.
 
"Saya percaya Konferensi tersebut adalah platform yang tepat untuk tujuan ini. Sehingga kelanjutan konferensi tersebut akan memperkuat strategi anti terorisme di antara para mitra ASEM," pungkasnya.






(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id