Gedung Bawaslu. Foto: Dok. Medcom.id
Gedung Bawaslu. Foto: Dok. Medcom.id

Bawaslu DKI Pastikan Kuota 30% Keterwakilan Perempuan Terpenuhi

Yakub Pryatama Wijayaatmaja • 29 September 2022 10:27
Jakarta: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta memastikan kuota 30 persen keterwakilan perempuan dalam perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dapat terpenuhi. Hal itu diungkapkan  Kordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) DKI Jakarta, Siti Rahma.
 
"Jika hingga pada waktu akhir pendaftaran, kuota 30 persen bagi perempuan itu belum terisi, maka pihaknya akan melakukan perpanjangan," ungkap Siti saat pembinaan dengan tema Menjaring Pengawas Pemilu Ad Hoc Berkualitas, Rabu, 28 September 2022.
 
Siti menerangkan Bawaslu DKI secara masif akan  menyebarkan informasi hingga menjemput bola agar masyarakat mau mendaftar jadi Panwascam. Adapun terkait persyaratan pendaftaran, tidak ada perubahan dari periode sebelumnya dengan menggunakan dasar UU Nomor 7 tahun 2017.

Baca: Bawaslu Depok Tambah Masa Pendaftaran Panwaslu Dua Kecamatan


Siti menegaskan setelah tahap pendaftaran selesai dan kuota terpenuhi termasuk keterwakilan perempuan, tidak ada pembedaan gender dalam tahap selanjutnya. Semua dilakukan sama antara laki-laki maupun perempuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tes akan dilakukan sama, baik bagi laki-laki maupun perempuan yang telah lolos tahap administrasi, yakni Computer Assisted Test (CAT). Kemudian enam orang dengan nilai CAT terbaik dari masing-masing kecamatan, akan melaju ke tahap wawancara dan dipilih tiga orang sebagai Panwascam Pemilu 2024," ungkap Siti.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif