Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio dalam diskusi Crosscheck by Medcom.id dengan tema Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, Jakarta, Minggu, 7 Maret 2021.
Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio dalam diskusi Crosscheck by Medcom.id dengan tema Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, Jakarta, Minggu, 7 Maret 2021.

Jokowi Disarankan Berkonsultasi Sebelum Keluarkan Pernyataan

Nasional jokowi impor presiden jokowi Produk Dalam Negeri Crosscheck
Nur Azizah • 07 Maret 2021 15:41
Jakarta: Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkonsultasi dengan konsultan komunikasi sebelum menyampaikan pernyataan. Pernyataan berujung polemik seperti ajakan membenci produk asing tak boleh terulang.
 
"Perlu konsultasi dengan ahli komunikasi dan internasional relation untuk membahas ini sebelum disampaikan," kata Agus dalam diskusi Crosscheck by Medcom.id dengan tema Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, Jakarta, Minggu, 7 Maret 2021.
 
Jokowi sering kali menyampaikan pidato secara spontan, tanpa teks. Seperti yang ia lakukan saat Rapat Koordinasi di Kementerian Perdagangan pada Kamis, 4 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu kan spontan. Saat itu Presiden Jokowi pidato 11 menit tanpa teks," ujarnya.
 
Agus mewanti-wanti agar pidato semacam itu tidak terjadi lagi. Terlebih yang menyangkut dengan hubungan internasional.
 
"Itu bisa berbahaya. Kita di satu sisi sedang minta berbagai fasilitas dukungan karena pandemi dan sebagainya, tapi di sisi lain kita membenci produk luar negeri," kata Agus.
 
Baca: KSP: Benci Produk Asing Bukan Berarti Benci Negaranya
 
Sementara itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Dany Amrul Ichdan mengatakan ajakan benci produk luar negeri yang digaungkan Jokowi bukan berati membenci negaranya. Bukan pula membenci produknya secara harfiah.
 
Ia menjelaskan ajakan Jokowi bagian dari memperbaiki sistem perdagangan Indonesia. Termasuk juga memperkuat industri lokal.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif