Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Cegah Penyebaran Covid-19, Pelacakan Hingga Ketegasan Pemda Diperlukan

Nasional Virus Korona pandemi covid-19
M Sholahadhin Azhar • 10 November 2020 19:13
Jakarta: Sejumlah hal diperlukan dalam mencegah penyebaran virus korona (covid-19). Pemerintah daerah (pemda) harus memperbanyak testing dan tracing (pelacakan) untuk mencegah penyebaran.
 
Selain itu, edukasi dan ketegasan pemda diperlukan. Keempatnya menjadi kunci penting melawan pandemi.
 
"Hasilnya, tingkat positif (perbandingan antara temuan kasus dengan jumlah orang yang diperiksa) melandai," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melalui keterangan tertulis, Selasa, 10 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut diutarakan Ganjar saat menerima Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Diaz Hendropriyono, di kantornya, Senin, 9 November 2020. Keduanya berdialog mengenai langkah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melawan virus korona.
 
Baca: Satgas: Vaksin Covid-19 Tak Berbahaya
 
Ganjar menyebut ada konsekuensi yang diterima terkait testing dan tracing. Salah satunya kasus terakumulasi yang meningkat.
 
"Kalau jumlah kasus ya akan meningkat selama testing meningkat. Kalau mau kasus menurun itu gampang, tinggal stop testing," lanjut Ganjar.
 
Di sisi lain, dia membeberkan strategi Pemprov Jateng, khususnya mengantisipasi dampak libur panjang akhir Oktober 2020. Yakni dengan memperketat pengawasan melalui edukasi protokol kesehatan.
 
"Kabar baiknya tingkat kesembuhan terus meningkat, angka kematian kita tekan," ucap Ganjar.
 
Keduanya sempat berdialog mengenai program vaksin untuk mengakhiri pandemi. Ganjar menekankan pentingnya komunikasi dan edukasi dalam vaksinasi covid-19.
 
Menurut Ganjar, semua program pemerintah bisa lancar jika dua hal itu dilakukan maksimal. Dalam kesempatan itu, Ganjar juga memamerkan produk Jawa Tengah yang tetap bergeliat di pasar ekspor.
 
Pertemuan Ganjar-Diaz merupakan rangkaian kunjungan kerja Diaz Hendropriyono ke Jawa Tengah. Sebelum menemui Ganjar, Diaz sempat mengunjungi Pekalongan dan bertemu Wakil Wali Kota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid. Kunjungan dilanjutkan ke beberapa lokasi, yakni Magelang, Surakarta, Trenggalek, Kediri, dan Madiun.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif