Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (Foto:Dok.MPR)
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (Foto:Dok.MPR)

Oesman Sapta Tabur Bunga di Makam Sisingamangaraja XII

Nasional berita mpr
Pelangi Karismakristi • 28 Mei 2016 15:00
medcom.id, Medan: Wakil Ketua MPR Oesman Sapta melakukan tabur bunga di Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII.
 
Setibanya di sana, Oesman mendapat pengalungan kain Ulos dan kemudian menuju ke pusara salah satu pahlawan nasional tersebut.
 
Raja Sisingamangaraja XII adalah pahlawan dalam melawan penjajahan Belanda di Tanah Batak, dia gugur pada 17 Juni 1907. Di komplek makam tersebut, terdapat pula makam keluarga Sisingamangaraja XII. Makamnya sendiri diapit kedua anaknya, yakni R. Patuan Nagari dan R. Patuan Anggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai berdoa di pusara sang pahlawan, pria yang kerap disapa Oso ini meletakkan karangan bunga di aras makam Sisingamangaraja XII.
 
Setelah mengunjungi makam pahlawan yang dibangun pada 17 Juni 1953, Oesman menuju TB Silalahi Center yang tidak jauh dari lokasi Sisingamangaraja XII disemayamkan. Di TB Silalahi Center terdapat museum TB Silalahi dan museum Batak. Selain itu juga terdapat museum indoor (koleksi berukuran kecil) dan museum outdoor (koleksi berukuran besar) seperti rumah adat Batak.
 
Direktur TB Silalahi Center Mayanti Silalahi menjelaskan TB Sialahi Center ini berdiri pada tahun 2008 dan diresmikan 2011. "Ini dimaksudkan untuk memberi motivasi dan inspirasi masyarakat Batak," kata Mayanti.
 
Dalam museum ini, Oesman Sapta menyaksikan koleksi pribadi TB Silalahi antara lain bangku sekolah ketika TB Silalahi bersekolah di SR, koleksi senjata, mobil jeep ketika bertugas dalam pasukan perdamaian, mobil menteri sebagai Menteri PAN era Presiden Soeharto, foto-foto pribadi, penghargaan, dan sebagainya.
 
"Museum ini menjadi museum wisata terbaik dari Kementerian Pariwisata. Lokasi TB Silalahi Center merupakan tanah nenek moyang TB Silalahi karena di tempat inilah keturunan TB Silalahi," ucap Mayanti Silalahi.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif