Ilustrasi ibu kota baru. Foto: Kementerian PUPR
Ilustrasi ibu kota baru. Foto: Kementerian PUPR

Pembangunan Transportasi Ibu Kota Baru Rp222 Triliun

Nasional Ibu Kota Baru
Nur Azizah • 20 November 2019 18:50
Jakarta: Kementerian Perhubungan membutuhkan anggaran Rp222,69 triliun membangun transportasi di ibu kota baru. Dana buat keperluan sejumlah hal.
 
Sekjen Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengungkapkan anggaran buat membangun transportasi darat, laut, dan udara. Rinciannya, Rp30 miliar membuat masterplan, detail engineering design, dan studi kelayakan.
 
"Adapun Rp7,35 triliun akan digunakan buat pembangunan Bandar Udara Sepinggan dan AAP Samarinda," kata Djoko saat rapat kerja pembangunan ibu kota baru dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 20 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, pembangunan transportasi laut butuh biaya Rp1,37 triliun yang digunakan membangun terminal, pengembangan, dan rehabilitasi dermaga.
 
"Kami juga akan subsidi operasional, penetapan traffic, dan separtion scheme. Lalu pengembangan jaringan seluler (Telkom) dan fasilitas lainnya," ujar dia.
 
Adapun pembangunan transportasi perkeretaapian membutuhkan biaya Rp209,9 triliun. Anggaran itu buat membangun stasiun kereta api, subway, jalur kereta api hingga kereta listrik.
 
Lalu, Rp4,07 miliar akan dipakai guna pengembangan transportasi darat. Rinciannya, membangun halte, terminal, bus air, pelabuhan penyeberangan, dan kelengkapan jalan.
 
"Kami juga akan membuat amphibi bus. Agar bisa dipakai di air dan di darat. Kami juga akan bikin bandara VVIP," kata dia.
 
Djoko menyebut anggaran itu baru perhitungan sementara. Anggaran belum termasuk biaya pembangunan bandara VVIP.
 
"Angka ini masih sangat sementara menunggu hasil studi kelayakan dan rencana umum tata ruang ibu kota baru," ujar dia. (ADI)
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif