Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta foto bersama di Balai Kota DKI Jakarta. Foto: MI/Ramdani
Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta foto bersama di Balai Kota DKI Jakarta. Foto: MI/Ramdani

Pendaftaran CPNS Ditutup 24 November

Nasional pendaftaran cpns seleksi cpns
M Sholahadhin Azhar • 11 November 2019 12:54
Jakarta: Masyarakat yang ingin mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dapat mendaftar hingga Minggu, 24 November 2019. Pendaftaran mulai dibuka hari ini.
 
"Sekitar dua minggu dikasih kesempatan untuk mendaftar," kata pelaksana tugas (plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono di Jakarta, Senin, 11 November 2019.
 
Menurut dia, pendaftaran bagian dari proses seleksi administrasi. Hasilnya akan diumumkan pada Senin, 16 Desember 2019. Usai diumumkan, panitia memberi kesempatan sanggah pada peserta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 16 hingga Selasa, 19 Desember 2019, mereka yang keberatan atas hasil seleksi administrasi dapat mengadu. Berikutnya, peserta bisa mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) pada Februari 2020.
 
Mereka yang lolos bisa mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) di awal Maret 2020. Sementara itu, pengumuman kelulusan akan dilakukan satu bulan setelah SKB.
 
"Jadi sampai tahun 2020 prosesnya nanti sampai April penetapan," kata Paryono.
 
Tahun ini ada sekitar 68 instansi pusat dengan formasi sebanyak 37.425 lowongan yang tersedia. Sementara itu, untuk daerah, ada 462 instansi daerah dengan formasi 159.250 lowongan.
 
Di sisi lain, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengimbau para calon peserta seleksi bijak memilah informasi berkaitan dengan CPNS. Dia menegaskan sistem CPNS telah dibangun agar transparan dan akuntabel.
 
"Karena banyak sekali sumber-sumber tidak resmi yang mengatasnamakan BKN atau KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) untuk mencoba membantu memasukan dari 'jalur khusus' istilahnya. Tidak ada lagi seperti itu," ujar Bima.
 
Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo bakal memecat aparatur sipil negara (ASN) yang curang dalam seleksi CPNS. Sistem seleksi, jelas dia, telah diatur sedemikian rupa untuk mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).
 
"Kami jaminlah, KemenPAN-RB akan clean and clear," jelas Tjahjo.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif