Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh. MI/Rommy Pujianto.
Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh. MI/Rommy Pujianto.

Kendala Dukcapil Susun Daftar Pemilih Pilkada 2020

Nasional pilkada serentak
M Sholahadhin Azhar • 26 November 2019 13:51
Jakarta: Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 akan disusun Januari 2020. Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh membeberkan kendala perumusan data tersebut.
 
"Ada kendala, yaitu 1,2 persen penduduk yang tidak segera mau merekam," kata Zudan kepada Medcom.id, Selasa, 26 November 2019.
 
DP4, kata dia, membutuhkan data aktual warga negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki hak pilih. Zudan mengeluhkan masyarakat yang enggan merekam data kependudukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlahnya kalau dikonversi ada 2,2 juta jiwa," kata Zudan.
 
Zudan menyebut sebanyak 191 juta dari total 193 juta penduduk telah merekam data KTP-el. Masyarakat yang belum merekam data mayoritas berada di Papua dan Papua Barat. Zudan sempat mengunjungi dua provinsi itu. Masyarakat Papua dan Papua Barat menilai perekaman data kependudukan tak penting dilakukan.
 
"Karena mereka itu mikirnya untuk apa saya punya KTP-el, wong saya hanya ke sawah, hanya ke laut," kata Zudan.
 
Namun, tak sedikit masyarakat di Papua dan Papua Barat yang tergugah. Zudan mendengar pula komentar mereka yang bersyukur mendapat KTP-el. Karena ketika sakit mereka mendapat layanan BPJS dengan bekal kartu itu.
 
Zudan mengatakan Ditjen Dukcapil Kemendagri akan terus jemput bola terkait perekaman ini. Kemendagri juga menggandeng Kementerian Sosial memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai basis bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).
 
"Semangatnya kita membangun ekosistem," kata Zudan.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif