Ilustrasi. Foto: MI/Susanto
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto

Pembahasan Revisi UU KPK Dilanjutkan 16 September

Nasional revisi uu kpk
M Sholahadhin Azhar • 13 September 2019 22:55
Jakarta: Pemerintah dan Panitia Kerja (Panja) DPR mulai membahas revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rapat awal fokus membahas daftar isian masalah (DIM) revisi UU KPK.
 
"Hari ini pembahasan DIM-nya belum selesai, dan akan dilanjutkan pada Senin (16 September) yang akan datang," kata Ketua Panja RUU KPK Supratman Andi Agtas di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 13 September 2019.
 
Supratman mengaku belum bisa memerinci poin-poin apa saja yang sudah dibahas dalam rapat tersebut. Menurut dia, seluruh pembahasan bakal dijelaskan kepada publik bila rapat di tingkat panja rampung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, rapat juga belum bisa membahas terlalu jauh. Sebab, pihak Kementerian Hukum dan HAM hanya diwakili Direktorat Jenderal Perundang-undangan. Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly tak hadir lantaran berada di luar kota.
 
"Karena itu sekali lagi saya belum bisa memberikan apa yang sudah selesai (dibahas), karena ini sifatnya masih panja," kata dia.
 
Ia berharap pemerintah dan DPR bisa segera duduk bersama membahas kelanjutan revisi UU KPK. Ia mengatakan DPR akan mempertimbangkan segala masukan masyarakat. DPR juga akan mempertimbangan permintaan presiden soal revisi UU KPK.
 
"Semua permintaan presiden yang dituangkan dalam DIM itu pasti akan dibahas secara seksama dengan mempertimbangkan bahwa KPK itu harus mendapatkan kedudukan dalam kerangka penindakan tindak pidana korupsi ke depan," tutupnya.
 
Rapat panja dan pemerintah hari ini berlangsung tertutup. Rapat tersebut berlangsung sekitar tiga jam dan belum menghasilkan keputusan.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif