Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Cerita Mahfud, Menteri Sipil Koordinator Dua Jenderal

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Abdul Kohar • 11 Desember 2019 22:41
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD tidak menemukan kendala dalam berkoordinasi dengan para menteri yang ada di bawah koordinasinya. Termasuk dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.
 
Mahfud merupakan Menko Polhukam pertama yang berlatar belakang sipil murni. Sebelumnya, posisi Menko Polhukam selalu diisi mantan petinggi militer, seperti Wiranto, Susilo Bambang Yudhoyono, Feisal Tanjung, Widodo AS, Djoko Suyanto, dan Luhut Binsar Pandjaitan.
 
Karena itu ada sejumlah analis politik yang sempat mengkhawatirkan koordinasi bidang polhukam di tangan menteri berlatarbelakang sipil, sedangkan beberapa menteri dalam koordinasinya diisi jenderal polisi dan mantan petinggi TNI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alhamdulillah tidak ada, dan saya yakin tidak akan terjadi. Bahkan, yang ada Pak Tito kalau tidak bisa hadir minta izin ke saya, dan setelah itu menyempatkan diri melapor ke kantor saya," kata Mahfud MD saat menjawab pertanyaan host Newsmaker Medcom.id Abdul Kohar dalam wawancara khusus di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu, 11 Desember 2019.
 
Kohar menanyakan apakah ada menteri yang mbalelo(menentang saat diajak berkoordinasi) karena sebelumnya memiliki arah politik yang berbeda, seperti Prabowo.
 
"Pak Prabowo pun sama. Bahkan beberapa kali saya yang waktunya belum cocok. Pak Prabowo kalau ketemu langsung bilang 'mohon izin Pak Menko, kapan bisa menghadap untuk melaporkan sejumlah kegiatan'. Jadi suasananya sangat cair, sangat enak, tidak ada ewuh pakewuh (rasa sungkan)," kata Mahfud.
 
Selengkapnya tonton wawancara khusus dengan Menko Polhukam Mahfud MD di program Newsmaker Medcom.id, Kamis, 12 Desember 2019, di Youtube dan Facebook Medcom ID.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif