Ngabalin: Orang Berpendidikan Pasti Paham Kalimat Jokowi

M Sholahadhin Azhar 07 Agustus 2018 19:24 WIB
pilpres 2019
Ngabalin: Orang Berpendidikan Pasti Paham Kalimat Jokowi
Tenaga Ahli Kedeputian IV Cantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin. Foto: MI/Bary Fathahilah.
Jakarta: Tenaga Ahli Deputi Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin merespons arahan Presiden Joko Widodo pada para relawan. Dia menyebut pernyataan Jokowi yang dianggap berpolemik pasti dapat dipahami orang berpendidikan.

"Kalau orang sekolah, itu ngerti tentang narasi dan diksi," kata Ngabalin di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa, 7 Agustus 2018.

Awalnya, kata dia, Jokowi meminta agar para relawan tak menyebarkan berita bohong, berkelahi, dan membuat gaduh. Baru setelahnya, inkumben meminta relawan tidak tinggal diam agar jangan takut jika ada yang menyerang.


Ngabalin melihat pernyataan Jokowi bukan bentuk arogansi. Ditakar dari asal muasalnya, Jokowi tak lahir dari budaya orang-orang keras. Semua tindak tanduknya, kata dia, mengindahkan adab.

"Bukan menunjuk pakai telunjuk, tapi pakai jempol. Artinya beliau menghindar adanya benturan. Nunjuknya saja pakai jempol," kata dia.

Baca: PKB Tegaskan Solid Dukung Jokowi

Jokowi sebelumnya meminta relawan berkampanye dengan cara damai. Namun, ia juga meminta agar relawan tidak takut apabika ada serangan dari lawan politik.

"Jangan bangun permusuhan, jangan membangun ujaran kebencian, jangan membangun fitnah-fitnah, tidak usah suka mencela, tidak usah suka menjelekkan orang. Tapi, kalau diajak berantem juga berani," kata Jokowi.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id