Ketua DPR Setya Novanto--MI/Mohamad Irfan
Ketua DPR Setya Novanto--MI/Mohamad Irfan

Novanto Sebut Dana Parpol Datangkan Gairah Baru

Nasional parpol
M Rodhi Aulia • 29 Agustus 2017 14:48
medcom.id, Jakarta: Pemerintah mengusulkan peningkatan bantuan dana partai politik (parpol). Peningkatan dana parpol ini bakal mendatangkan gairah baru.
 
"Karena dana parpol ini tentu saya memberikan apresiasi kepada pemerintah, dari Rp108 menjadi Rp1.000," kata Ketua DPR Setya Novanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 29 Agustus 2017.
 
Novanto berharap setiap parpol yang mendapatkan bantuan dana ini dapat mempertanggungjawabkan penggunaannya. Pertanggungjawaban sebagai bentuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kenaikan Dana Parpol tak Bisa Jamin Hilangkan Praktik Korupsi
 
Menurut Novanto, dana parpol itu dapat digunakan untuk pendidikan politik, konsolidasi dan berbagai kegiatan positif lainnya. Kegiatan yang digelar dalam kerangka meningkatkan kualitas kehidupan berdemokrasi. "Sehingga ini (akhirnya) juga bisa mengangkat kinerja DPR (yang mana perwakilan dari parpol)," tandas dia.
 
Kementerian Keuangan mengusulkan agar Pemerintah memberikan dana bantuan pada partai politik. Hal ini berdasarkan surat Kementerian Keuangan kepada Kementerian Dalam Negeri Nomor 277/MK/02./2017 tanggal 29 Maret 2017.
 

 
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penetapan Rp1.000 per suara sah ini sudah mendekati kajian yang dilakukan KPK. KPK mengusulkan dana bantuan kepada partai politik sebesar Rp1.071 per suara sah.
 
Sri menyampaikan, dana bantuan yang diberikan Pemerintah pada Parpol meningkat. Pada tahun 2009, dana bantuan hanya Rp108 per suara sah. "Setiap dana bantuan yang diberikan akan dievaluasi," imbuhnya.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif