JK: Tanpa Poros Nasional, Pilkada Serentak Berlangsung Aman
Wakil Presiden jusuf Kalla - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla meyakini gelaran Pilkada serentak pada esok hari bakal berlangsung aman dan lancar. Pasalnya, dalam pemilihan kepala daerah, tak ada poros nasional yang mampu menciptakan sentimen negatif.

"Karena beberapa hal tidak ada poros nasional di pilkada itu. Tidak ada sentimen menyeluruh. Cair itu koalisi-koalisi," ujar JK dalam jumpa pers di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa 26 Juni 2018.

Selain itu, peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang cukup ketat serta pengamanan dari aparat kepolisian bakal mengurangi potensi kericuhan. Di sisi lain, masyarakat Indonesia semakin memahami asas demokrasi, terbukti dari gelaran pesta demokrasi selama ini berlangsung aman.


"Karena itulah maka saya yakin akan berlangsung dengan aman. Nanti biasanya terjadi sedikit perhitungan. Kalau perhitungan sama akan aman. Harus lebih hati-hati," tambah dia.

Terkait netralitas aparat, JK meminta warga untuk tidak khawatir. Bila terbukti melanggar maka pemerintah akan memberikan sanksi tegas. 

"Kapolda Maluku kan laporan langsung diambil tindakan. Ya memang kalau pilkada ini bisa jadi ukuran walaupun sulit," tutupnya.






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id