Suasana diskusi soal 'Meracik Pegawai Negeri Super' di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu, 7 Desember 2019. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Suasana diskusi soal 'Meracik Pegawai Negeri Super' di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu, 7 Desember 2019. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Kemenpan RB Targetkan 50 Persen ASN Milenial pada 2024

Nasional ASN
Sri Yanti Nainggolan • 07 Desember 2019 13:57
Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menargetkan separuh dari Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah generasi milenial pada 2024. Oleh karena itu, beberapa sistem diberlakukan untuk meningkatkan minat mereka.
 
Kepala Bagian Perencanaan Kinerja dan Anggaran SDM Aparatur Adi Junjunan Mustafa mengungkapkan, pada 2024, Indonesia ingin memiliki birokrasi kelas dunia. Hal itu tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.
 
"Kita mau mencapai itu. Kita sudah hitung, antara teman-teman milenial dan pramilenial, kira-kira 50:50 (pada 2024)," ujar dia dalam diskusi Polemik MNC Trijaya, Sabtu, 7 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menerangkan, penyambutan untuk generasi milenial juga sudah berbeda. Para ASN muda disambut oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, yang memiliki jabatan tertinggi dalam pemerintahan.
 
Hal ini berlaku di kementerian, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten. "Yang menyambut langsung PPK. Misalnya menteri langsung, atau gubernur. Karena mereka-mereka adalah masa depan," kata dia.
 
Selain itu, Adi juga menyebutkan bahwa rencana Flexible Working Arrangement (FWA) yang tengah diwacanakan saat ini mendapat animo positif. Ia sudah membicarakannya dengan ASN milenial dalam beberapa kesempatan.
 
"Pas masuk ke wacana itu, milenial senang," imbuh dia.
 
Saat ini, ia memperkirakan 20 persen dari total sekitar 4,3 juta ASN adalah milenial. Ia yakin target 50 persen bisa tercapai di 2024.
 

 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif