Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju duduk di tangga Istana Merdeka, Jakarta. MI/Ramdani.
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju duduk di tangga Istana Merdeka, Jakarta. MI/Ramdani.

Kabinet Indonesia Maju Harus Lebih Solid

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Faisal Abdalla • 27 Oktober 2019 05:19
Jakarta: Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro berharap kabinet Indonesia Maju dapat menonjolkan soliditas yang lebih kuat dari Kabinet Kerja. Hal ini agar kerja-kerja kabinet lebih efektif lagi.
 
"Kabinet Jokowi (Presiden Joko Widodo) di periode kedua perlu menonjolkan soliditas, sinergi, dan koordinasi yang baik sehingga mampu menghasilkan kerja-kerja yang lebih konkret dan bermanfaat," kata Siti seperti melansir Antara, Sabtu, 26 Oktober 2019.
 
Siti berharap komposisi kabinet yang diisi wajah lama dan pendatang baru dapat menghasilkan kerja yang lebih besar dibanding periode 2014-2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kerja cepat, tepat, dan produktif diperlukan untuk segera merealisasikan tujuan-tujuan pembangunan Indonesia, membawa Indonesia lebih maju dan meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.
 
Kabinet Indonesia Maju berisikan 34 menteri, empat pejabat setingkat menteri, dan 12 wakil menteri. Para menteri dilantik Rabu, 23 Oktober 2019. Sementara itu, para wakil menteri dikukuhkan Jumat, 25 Oktober 2019. Kabinet pun berisikan beragam latar belakang.
 
Dari kalangan profesional contohnya, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD ditunjuk menjadi menteri koordinator politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam). Bekas CEO Gojek Nadiem Makarim dipilih menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud).
 
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menjadi lawan Jokowi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 juga dirangkul menjadi menteri pertahanan (menhan). Sementara itu, partai nonparlemen, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mendapat kursi wakil menteri agraria.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif