Ilustrasi undang-undang. Medcom.id
Ilustrasi undang-undang. Medcom.id

Menteri LHK Jamin UU Cipta Kerja Tak Berlebihan Mengeksplorasi Lingkungan

Nasional kehutanan presiden jokowi UU Cipta Kerja
Nur Azizah • 03 November 2020 15:17
Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menjamin Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker) tidak menimbulkan over eksplorasi. Ia memastikan pemerintah berhati-hati mengelola lingkungan sesuai Undang-Undang Lingkungan Hidup.
 
"Di dalam rancangan peraturan pemerintah (PP) ada cantolannya, bahwa prinsip kehati-hatian di dalam lingkungan itu ada," kata Siti usai rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Perhutanan Sosial secara virtual, Jakarta, Selasa, 3 November 2020.
 
Siti mengatakan undang-undang menegaskan lingkungan tidak boleh diganggu. Pemerintah hanya memperbaiki prosedur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan agar tidak menimbulkan over eksploitasi ada instrumen kontrol. "Kalau ada program, ada instrumen kajian lingkungan hidup strategis," papar dia.
 
(Baca: Pemerintah Diminta Segera Menerbitkan Aturan Turunan UU Cipta Kerja)
 
Tak hanya itu, pelaksanaan program juga harus memperhatikan rencana dan strategi pembangunan. Siti mengatakan teknis tersebut akan diatur dalam PP.
 
"Yaitu batasan ataupun instrumen kontrol daya dukung, daya tampung. Jadi, setiap ekosistem setiap landscape itu punya daya dukung, daya tampung, dan itu ada cara untuk mengukurnya," ujar dia.
 
PP juga akan mengatur ihwal pembinaan dan pengawasan. Nantinya, kebijakan akan memuat soal sanksi bagi perusak lingkungan.
 
"Sebagai menteri lingkungan, kami di kementerian lingkungan hidup dan kehutanan men-develop kelembagaan untuk pengawasan dan pembinaan yang berlapis," ujar Siti.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif