Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Jokowi Pamer Dukungan Bank Dunia Terhadap Pengesahan UU Cipta Kerja

Nasional Bank Dunia presiden jokowi UU Cipta Kerja
Anggi Tondi Martaon • 17 Oktober 2020 12:24
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) pamer dukungan Bank Dunia terhadap pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker). Aturan sapu jagat di bidang investasi itu diharapkan bisa meningkatkan daya saing Indonesia.
 
"UU Ciptaker adalah upaya reformasi besar untuk menjadikan Indonesia lebih kompetitif," kata Jokowi di akun Instagram @jokowi, Sabtu, 17 Oktober 2020.
 
Dalam unggahan itu, Jokowi menyertakan pernyataan Bank Dunia terkait UU Cipta Kerja. Posting itu telah disukai 182.650 pengguna dan mendapat 5.655 komentar hingga pukul 11.50 WIB, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah komentar menyatakan dukungan terhadap pengesahan UU Cipta Kerja. Salah satunya, pengguna Instagram dengan akun @harryku_. Dia memercayakan keputusan pemerintah dan DPR mengesahkan UU Cipta Kerja membawa dampak baik kepada Indonesia.
 
"Dan seumpama kita tidak percaya sama Bapak, kita harus percaya sama siapa lagi? Semoga pengurusnya amanah dalam menjalankan tugasnya Pak," tulis @harryku_.
 
Pengesahan UU Cipta Kerja juga mendapat kritik pengguna Instagram. Salah satunya, @titoferdiansyah_, dia meminta Jokowi memperbaiki ketentuan yang dianggap bermasalah.
 
"Benahi pasal ngaco dulu Pak. Memang enggak semua pasal yang ada negatif, tapi pasal yang negatif sangat berdampak," kata @titoferdiansyah_.
 
Sementara itu, ada juga masyarakat yang tetap meminta Jokowi mengkaji ulang UU Cipta Kerja. "Pak, dunia enggak tahu keadaan kita sekarang, mereka tahunya dari luar, tidak dari dalam. Mohon Pak untuk mengkaji ulang UU Ciptaker," tulis @aldymaulana.
 
Bank Dunia mengapresiasi pengesahan UU Ciptaker. Dukungan itu disampaikan melalui website worldbank.org pada 16 Oktober 2020.
 
Berikut pernyataan lengkap Bank Dunia:
 
Undang-undang tentang Cipta Kerja adalah upaya reformasi besar untuk menjadikan Indonesia lebih kompetitif dan mendukung aspirasi jangka panjang negara ini menjadi masyarakat yang sejahtera. UU ini dapat mendukung pemulihan ekonomi dan pertumbuhan jangka panjang yang tangguh di Indonesia.
 
Dengan menghapus berbagai pembatasan besar pada investasi dan memberikan sinyal bahwa Indonesia terbuka untuk bisnis, hal ini dapat membantu menarik investor, menciptakan lapangan kerja, dan membantu Indonesia memerangi kemiskinan.
 
Implementasi dari undang-undang secara konsisten akan sangat penting dan akan memerlukan peraturan pelaksanaan yang kuat untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta upaya bersama pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya.
 
Bank Dunia berkomitmen untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam reformasi-reformasi ini, menuju pemulihan ekonomi dan masa depan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif