Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Komisi IX Apresiasi Inpres Sanksi Protokol Kesehatan

Nasional jokowi Virus Korona
Anggi Tondi Martaon • 05 Agustus 2020 21:54
Jakarta: Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 diapresiasi. Aturan ini diharapkan membantu upaya pencegahan penyebaran virus korona.
 
"Penerapan protokol kesehatan dengn disiplin mencegah penularan covid-19," kaya Wakil Ketua Komisi IX Melki Laka Lena kepada Medcom.id, Rabu, 5 Agustus 2020.
 
Politikus Partai Golkar itu menilai, Inpres menjawab tantangan penerapan protokol kesehatan. Sebab, masyarakat mulai abai menerapkan protokol itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penerapan protokol kesehatan perlu dibantu dengan aturan yang tegas seperti Inpres yang baru dikeluarkan ini," ungkap dia.
 
Baca:Jokowi Terbitkan Inpres Sanksi Protokol Kesehatan
 
Dia meminta agar aturan itu diterapkan konsisten oleh pemerintah daerah (pemda). Pengawasan maksimal harus dilakukan untuk menegakkan aturan tersebut.
 
"Implementasi lapangan oleh seluruh pihak yang diatur dalam Inpres ini dalam melaksanakan kewenangan yang diberikan yang saat ini perlu dilakukan dengan tegas dan terkontrol," ujar dia.
 
Pemerintah resmi menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Penerapan protokol kesehatan dipertegas.
 
“Sanksi yang dimaksud berupa teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial, denda administratif, atau penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha,” demikian Inpres tersebut seperti dikutip Medcom.id, Rabu, 5 Agustus 2020.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif