NEWSTICKER
Ilustrasi mudik. MI
Ilustrasi mudik. MI

Nasib Mudik Lebaran Ditentukan 30 Maret

Nasional Virus Korona mudik lembaran virus corona
Siti Yona Hukmana • 27 Maret 2020 13:23
Jakarta: Presiden Joko Widodo akan membahas nasib mudik Lebaran 2020 dalam rapat terbatas, Senin, 30 Maret 2020. Rapat tersebut akan menentukan mudik tahun ini akan berjalan biasa atau bahkan dilarang.
 
"Apakah nanti akan ditingkatkan statusnya menjadi pelarangan, menunggu keputusan dari rapat terbatas," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, kepada Medcom.id, Jumat, 27 Maret 2020.
 
Tidak semua kementerian/lembaga hadir pada rapat tersebut. Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (plt) Menteri Perhubungan akan menjabarkan opsi yang ada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau nanti akan menyampaikan hasilnya. Implementasi seperti apa, protokolnya seperti apa, sekaligus menjabarkan keputusan rapat terbatas itu," ujar Budi.
 
Nasib Mudik Lebaran Ditentukan 30 Maret
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi. Medcom.id/Ilham Pratama
 
Bila resmi dilarang, aturan yang keluar harus dipatuhi masyarakat. Dia yakin larangan akan lebih efektif karena tak semua masyarakat mau mematuhi imbauan.
 
"Kalau dilarang konsekuensinya memang harus ada penjagaan ketat di lapangan," ucap dia.
 
Baca: Pemerintah Harus Antisipasi Warga yang Nekat Mudik
 
Penjagaan ketat itu akan dilakukan kepolisian. Polisi akan berjaga di jalur-jalur masuk atau keluar, kemudian memulangkan masyarakat yang nekat mudik.


Polisi tunggu hasil

Polri akan menjadi garda terdepan jika aturan larangan mudik lebaran resmi keluar. Korps Bhayangkara menunggu hasil rapat sebelum menyusun strategi penegakkan.
 
"Saat ini menunggu kebijakan dari pemerintah. Seperti apa nanti, kami menyesuaikan saja," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono kepada Medcom.id, Jumat, 27 Maret 2020.
 
Istiono mengatakan pihaknya akan merancang penjagaan lalu lintas. Terutuma daerah-daerah yang ramai dilalui pemudik.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif