WNI dari Wuhan mendarat di bandara Hang Nadim batam sebelum dikarantina di Natuna. Foto: Dok Kemenlu
WNI dari Wuhan mendarat di bandara Hang Nadim batam sebelum dikarantina di Natuna. Foto: Dok Kemenlu

Keluarga Diminta Jemput Warga Karantina di Daerah Masing-masing

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 13 Februari 2020 17:45
Jakarta: Masa karantina warga negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Tiongkok berakhir Sabtu, 15 Februari 2020. Mereka bakal dipulangkan ke daerah masing-masing, Minggu, 16 Februari 2020.
 
"Proses penyambutan dari keluarga diperbolehkan di daerahnya masing-masing, di bandara di kampungnya masing-masing," kata pelaksana tugas (Plt.) Deputi IV Kantor Staf Presiden bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Juri menuturkan ke-238 warga itu bakal dibawa dari Natuna ke Jakarta dengan pesawat milik TNI AU. Acara pelepasan bakal dilakukan di Natuna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, mereka bakal dipulangkan ke daerah masing-masing. Namun, pemerintah belum memutuskan bakal memakai Bandara Halim Perdanakusuma atau Bandara Soekarno Hatta sebagai tempat transit.
 
"Dengan pesawat komersil (pulang ke daerah masing-masing)," tutur dia.
 
Keluarga Diminta Jemput Warga Karantina di Daerah Masing-masing
Warga yang menjalani observasi diajak senam bersama. Foto: ANT/Risyal Hidayat
 
Juri memastikan pemerintah memfasilitasi seluruh ongkos ratusan warga negara hingga tiba di daerah tujuan. Orang tua dan pemerintah daerah diminta aktif melaporkan kondisi peserta observasi.
 
Pemerintah memulangkan 238 WNI dari Wuhan, Hubei, Tiongkok setelah organisasi kesehatan dunia (WNO) menetapkan Covid-19 (virus korona) darurat kesehatan internasional. Wuhan menjadi tempat munculnya pertama kali virus tipe Novel Coronavirus itu.
 
Ke-238 orang itu menjalani observasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau sejak Minggu, 2 Februari 2020. Ini dilakukan buat memastikan mereka yang pulang tak terjangkit virus korona.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif