Mahfud MD. Medcom.id/Mustholih
Mahfud MD. Medcom.id/Mustholih

Mahfud MD: Pancasila Selalu Menang saat Diuji

Nasional pancasila
P Aditya Prakasa • 24 April 2019 15:24
Bandung: Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Mohammad Mahfud MD ideologi Pancasila yang menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah tidak bisa diganggu gugat. Pancasila sudah teruji dan terbukti sebagai ideologi yang sesuai dengan bangsa Indonesia.
 
“Wawasan kebangsaan kita sudah selesai. Kita hari ini sudah merumuskan bahwa Pancasila adalah dasar ideologi yang tepat dan cocok untuk Indonesia,” kata Mahfud.
 
Pancasila, kata Mahfud, sejak sudah sering diuji kebenarannya. Salah satunya adalah lewat pemberontakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dulu yang menolak itu DI TII dan Permesta. Tapi Pancasila selalu menang dalam ujian, rakyat ingin negara tidak beralih ideologi," kata anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ini.
 
Selain itu, kata Mahfud, upaya mengganti Pancasila dengan ideologi khilafah kembali terjadi melalui jalur pemilu yang diikuti 48 partai politik pada 1998 dan 1999.
 
"Tahun 98 Pak Harto (Suharto) jatuh dan ada usulan Pancasila diganti. Dari 48 partai yang ikut pemilu tahun 1999, yang menghendaki Pancasila diganti hanya 13 persen, sisanya masih ingin Pancasila. Tapi dari 13 persen ada yang hanya menunggangi, sehingga yang ingin Indonesia menjadi negara Islam enggak sampai 9 persen," ucap dia.
 
Mahfud mengatakan masih ada sebagian rakyat Indonesia yang ingin merubah ideologi Pancasila menjadi negara Islam. Mahfud menilai hal itu wajar namun hanya bisa dilakukan melalui jalur konstitusional.
 
Meski begitu, Mahfud optimistis Pancasila tidak akan bisa diganti oleh ideologi apapun.
 
"Kalau mau (mengganti ideologi Pancasila) ya, ikut pemilu. Tidak usah pakai tindakan radikal. Lewat pemberontak kalah, lewat jalur pemilu kalah, lalu mau dengan cara apalagi untuk menganti Pancasila?” ujar dia.
 

 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif