Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Darmawan Prasodjo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Darmawan Prasodjo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Infrastruktur Buat Masyarakat Lebih Produktif

Nasional infrastruktur
Theofilus Ifan Sucipto • 31 Desember 2018 06:44
Jakarta: Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Darmawan Prasodjo mengungkap alasan Presiden Joko Widodo fokus membangun infrastruktur. Ia menyebut Presiden ingin masyarakat menjadi produktif.
 
"Jokowi melontarkan gagasan bagaimana bangsa kita dari konsumtif menjadi produktif. Langkah pertama adalah membangun infrastruktur," kata Darmawan di Madame Delima, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu, 30 Desember 2018.
 
Darmawan mencontohkan pembangunan Bandara Silangit di Sumatera Utara. Keberadaan bandara itu demi menunjang pariwisata Danau Toba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sektor pariwisata Sumut meningkat 304,40 persen. Rakyat sekitar produktif karena menjadi pemandu wisata, dan hotel-hotel terisi," jelas Darmawan.
 
Hal serupa juga terjadi setelah pembangunan Pelabuhan Talapeo dan Pelabuhan Galela di Maluku. Angka penjualan cengkeh di daerah tersebut pun meningkat.
 
Pelabuhan memberikan kepastian kepada petani cengkeh. Sehingga mereka bisa menyiapkan hasil panen untuk dibawa sejumlah kapal ke luar pulau.
 
Darmawan pun menegaskan infrastruktur bukan tujuan utama dalam pembangunan era Jokowi-Kalla. Pemerintah, kata dia, menyasar dampak yang diberikan infrastruktur itu.
 
"Infrastruktur bukan tujuan, tapi batu loncatan. Dari (daerah) yang terisolasi jadi berpotensi," pungkas Darmawan.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif