Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Sukseskan Pilkada, Dukcapil Cetak KTP-el Selama Hari Libur Nasional

Nasional pilkada serentak e-ktp Pemilu Serentak 2020
Anggi Tondi Martaon • 30 Oktober 2020 03:41
Jakarta: Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memanfaatkan hari libur nasional untuk merekam dan mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Langkah ini dilakukan untuk memastikan warga memiliki KTP-el sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
 
"Ini dihelat demi menyukseskan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapik Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 Oktober 2020.
 
Kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan sistem jemput bola. Sebanyak 318 Dinas Dukcapil kabupaten/kota mendatangi masyarakat untuk merekam sekaligus mencetak data print ready record (PRR) menjadi KTP-el.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zudan mengatakan sebanyak 34.551 keping KTP-el berhasil dicetak. Sedangkan, 10.276 warga merekam data di sistem KTP-el dan langsung dicetak.
 
"Langsung diterima masyarakat saat itu juga," ungkap dia.
 
Baca: Kemendagri Diminta Mempercepat Pencetakan KTP-el di 270 Penyelenggara Pilkada
 
Sebanyak 20 Dinas Dukcapil kabupaten/kota juga berhasil merekam data akta selain KTP-el. Mereka juga melayani pengurusan Kartu Keluarga (KK), pembuatan akta, dan surat pindah.
 
Dinas Dukcapil yang berhasil mencatat perekaman KTP-el dan pengurusan data penduduk itu ada di Kota Lhokseumawe, Tangerang Selatan, Serang, Sukabumi, Tasikmalaya, Banyuwangi, Surabaya, dan Suku Dinas Dukcapil Jakarta Barat. Kemudian, Kabupaten Bengkalis, Tanjung Jabung Timur, Lebak, Garut, Subang, Brebes, Lumajang, Kutai Kertanegara, Bantaeng, dan Bone, dan Tulang Bawang.
 
Zudan menyampaikan sebelum kegiatan ini dilakukan, jumlah masyarakat yang telah merekam data pada sistem KTP-el mencapai 189.676.771 jiwa. Sedangkan, penduduk yang masuk kategori wajib memiliki KTP-el sebanyak 192 juta.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif