Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Dok Kementerian Luar Negeri
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Dok Kementerian Luar Negeri

Prabowo Disebut Paling Terkenal dan Disukai Publik

Nasional Prabowo Subianto survei Pilpres Pemilu 2024 Pilpres 2024
M Sholahadhin Azhar • 27 April 2022 15:13
Jakarta: Lembaga survei Indikator Publik Nasional (IPN) merilis survei nasional calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto muncul sebagai tokoh paling disukai.
 
"Nama Prabowo Subianto menjadi sosok yang paling terkenal dan paling disukai oleh publik. Popularitas Prabowo Subianto berada di 91,3 persen dengan tingkat kesukaan 77,2 persen," kata peneliti senior IPN, Ike Sihotang, dalam rilis survei secara virtual, Rabu, 27 April 2022.
 
Posisi Prabowo disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan popularitas 90,5 persen dan tingkat kesukaan 69,9 persen. Kemudian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan popularitas 81,1 persen dan tingkat kesukaan 57,7 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Simulasi Head to Head, Elektabilitas Prabowo Tembus 50%
 
Posisi selanjutnya ada Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama dengan popularitas 80,0 persen dan tingkat kesukaan masyarakat 24,3 persen. Disusul Ketua DPR Puan Maharani dengan popularitas 77,8 persen namun hanya disukai 30,6 persen.
 
Di sisi lain, IPN juga memotret elektabilitas sejumlah tokoh potensial Pemilu 2024. Lagi-lagi, Prabowo berada di urutan atas dengan 26,9 persen, disusul Ganjar dengan 16,8 persen.
 
Pada posisi ketiga, ada Anies Baswedan dengan 14,3 persen; Sandiaga Uno dengan 5,1; dan Ridwan Kamil 4,2 persen. "Dari seluruh kandidat presiden yang ditampilkan dan disebutkan dalam survei, 26,9 persen publik menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo," kata Ike.
 
Ia menyampaikan alasan nama Prabowo Subianto lebih unggul di mata publik. Publik menganggap Prabowo memiliki kecakapan dalam menjalankan tugasnya secara profesional. 
 
"Prabowo berhasil menunjukkan sikap-sikap politiknya dengan sempurna dan menjaga keseimbangan terhadap isu-isu utama yang menjadi perhatian publik," kata dia. 
 
Survei IPN diselenggarakan dalam rentang waktu 17-27 Maret 2022 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei menggunakan metodologi multistage random samping dengan Margin of Error (MoE) 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif