Berkas Bacaleg Rampung Diverifikasi

Whisnu Mardiansyah 22 Juli 2018 01:20 WIB
pemilu serentak 2019
Berkas Bacaleg Rampung Diverifikasi
Berkas hasil verifikasi KPU. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan verifikasi berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) 16 parpol peserta Pemilu 2019 hari ini. Verifikasi meliputi kelengkapan dan keabsahan berkas.

"KPU telah menyelesaikan seluruh proses pemeriksaan berkas bakal caleg DPR yang diajukan 16 parpol tingkat pusat," kata Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Sabtu, 21 Juli 2018.

Berkas yang diverifikasi KPU meliputi dokumen persyaratan pengajuan dan persyaratan administrasi bacaleg. Khusus persyaratan pengajuan, rinciannya yakni surat pencalonan menggunakan formulir model B, dan daftar bakal calon menggunakan formulir model B1.


Surat pernyataan partai politik telah melaksanakan proses seleksi bakal calon secara demokratis dan terbuka menggunakan formulir B2 juga turut diperiksa. Selain itu, diperiksa pula pakta integritas yang diteken pimpinan parpol sesuai tingkatannya menggunakan formulir model B3.

"Sementara dokumen administrasi yang diperiksa kelengkapan dan keabsahan meliputi fotokopi KTP elektronik," ujarnya.

Proses verifikasi kelengkapan berkas selesai sejak Jumat, 20 Juli. Keabsahan dokumen rampung esok harinya.
 
"Berakhirnya dua proses pemeriksaan tersebut akan ditindaklanjuti oleh KPU dengan menerbitkan berita acara hasil pemeriksaan per dapil," kata Arief.

Hasil verifikasi berkas selajutnya akan disampaikan ke masing-masing partai politik. Setiap Parpol diberi kesempatan untuk memperbaiki kelengkapan dan keabsahan berkas.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id