Direktur Charta Politika, Yunarto Wijaya. Foto: MI/Ramdani.
Direktur Charta Politika, Yunarto Wijaya. Foto: MI/Ramdani.

Kepastian Partai Koalisi Terima Oposisi di Kabinet Ditunggu

Nasional kabinet jokowi
Ilham Pratama Putra • 14 Agustus 2019 02:47
Jakarta: Direktur Charta Politika, Yunarto Wijaya menyebut partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja masih ragu menerima partai oposisi dalam pemerintahan. Hal tersebut membuat publik bingung dengan arah politik masing-masing partai.
 
"Ini kan media bertanya kepada semua partai, jawabannya selalu abu-abu, muter-muter," kata Yunarto dalam Prime Time News MetroTV, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Menurutnya, partai koalisi maupun oposisi harus segera mengambil sikap tegas. Terlebih, Presiden Joko Widodo akan dilantik pada Oktober 2019 mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Partai-partai) nyatakan sikap, sehingga Presiden, pemegang prerogatif bisa mengambil keputusan yang baik untuk menteri," ujar Yunanto.
 
Partai-partai diminta satu suara, meskipun nantinya ada yang bergabung dan tidak. Namun Yunarto berharap politisi punya semangat yang sama dalam membangun bangsa.
 
Sementara itu, Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate tak mempersoalkan jika kader partai oposisi menerima jatah menteri Jokowi. Dia hanya meminta kader dari partai oposisi untuk konsisten dalam menjalankan tugas menteri, jika menerima jatah.
 
"Kalau gagasan kebangsaan tidak bisa disepakati, jangan berharap dalam kabinet. Kalau sepakat mari kita bangun Republik ini sama-sama," tegas Johnny.
 
Bila ada kader yang tak konsisten, harus bersedia didepak sewaktu-waktu. "Kalau jadi duri dalam sekam, jangan berkecil hati kalau di-reshuffle. Semua partai boleh, sejauh konsensus kebangsaan kita sepakati bersama," pungkasnya.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif