Ketua Fraksi Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono dalam sosialisasi empat pilar secara digital. Foto: Istimewa
Ketua Fraksi Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono dalam sosialisasi empat pilar secara digital. Foto: Istimewa

Peningkatan Infrastruktur Pembelajaran Jarak Jauh Dibutuhkan

Nasional Virus Korona Pembelajaran Daring belajar di rumah
Yogi Bayu Aji • 12 Agustus 2020 00:15
Jakarta: Infrastruktur penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) sangat dibutuhkan. Pasalnya, pandemi virus korona mengubah mekanisme belajar mengajar yang selama ini diterapkan.
 
"Tujuannya agar para pelajar yang belajar dari rumah tidak menemui kendala dalam menyerap ilmu pengetahuan," kata Ketua Fraksi Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono saat sosialisasi empat pilar di Pacitan dalam keterangan tertulis, Selasa, 11 Agustus 2020.
 
Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) itu menyebutkan teknologi telekomunikasi di Indonesia belum merata. Hal ini tentu menjadi hambatan bagi para siswa yang mendapatkan akses teknologi informasi yang memadai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Teerlebih di daerah-daerah pedalaman," ungkap dia.
 
Pemerintah diminta kreatif memecahkan permasalahan ini. Salah satunya dengan membuat kelas-kelas kecil agar para siswa belajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.
 
"Pendistribusian pekerjaan rumah bisa melalui pos, bagi para siswa dan siswi yang belum memiliki fasilitas jaringan internet ataupun wifi juga perlu diperhitungkan,” sebut dia.
 
Pemerintah pusat maupun daerah juga disarankan memperbanyak beasiswa dari kalangan tidak mampu. Pasalnya, masyarakat tentu sedang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi covid-19.
 
Selain fasilitas belajar mengajar, pemerintah diminta menyesuaikan kurikulum pendidikan. Hal ini perlu dilakukan agar kualitas pembelajaran tercapai.
 
“Jangan mengejar kuantitas. Kita juga harus mengejar kualitas kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi sekarang ini,” ujar dia.
 
Baca: Kemendikbud Diminta Memotret Utuh Pelaksanaan Belajar Daring
 
Anggota Komisi VI DPR itu meminta para siswa-siswi tetap semangat menuntut ilmu di tengah situasi ini. Dia pun memberikan bantuan berupa paket kuota internet kepada siswa-siswi SMA 1 Pacitan yang mengikuti sosialisasi sebagai bentuk penyemangat belajar.
 
“Walaupun sedang diterpa pandemi covid-19, kita harus tetap aktif berkarya dan berprestasi. Terus berusaha dan jangan menyerah,” kata dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif