Ilustrasi kasus korona di Indonesia. Medcom.id
Ilustrasi kasus korona di Indonesia. Medcom.id

Survei: Masyarakat Tidak Percaya Data Covid-19 Pemerintah

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 23 Mei 2020 15:59
Jakarta: Survei lembaga kajian Roda Tiga Konsultan menemukan sebagian masyarakat ragu dengan data pemerintah terkait covid-19. Kinerja pemerintah menanggulangi virus yang muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok ini juga dinilai sedang-sedang saja.
 
Survei menunjukkan 45,2 persen responden percaya dengan data yang dikeluarkan pemerintah mengenai jumlah orang positif, meninggal, dan sembuh karena covid-19.
 
"Sebaliknya, lebih dari separuh (51,8 persen) responden ragu-ragu dan tidak percaya dengan data tersebut," dikutip dari keterangan resmi 'Survei Nasional Pandangan Masyarakat Terhadap Penanganan Pandemi Covid-19', Sabtu, 23 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Responden juga menilai kinerja pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota. Pemerintah pusat mendapat skor paling rendah, yaitu 6,87 dari 100. Sementara itu, pemerintah provinsi mendapat nilai 7,05 dan pemerintah kabupaten/kota 6,99.
 
(Baca: Jokowi Ogah Disebut Menutupi Data Covid-19)
 
Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menangani covid-19 juga dinilai sedang-sedang saja. Jokowi mendapat skor 7,09.
 
Survei juga menunjukkan lebih dari 3/4 responden atau 76,7 persen tidak mendapat bantuan selama pandemi covid-19. Bantuan yang diterima berasal dari pemerintah kabupaten kota 10 persen, pemerintah pusat 5,3 persen, dan pemerintah provinsi 3 persen.
 
"Ternyata bantuan dari lembaga sosial (4,8 persen) cukup berperan bahkan lebih tinggi daripada bantuan yang diterima dari pemerintah provinsi dan hampir setara dengan pemerintah pusat,"
 
Survei dilaksanakan pada 7-17 Mei 2020 melalui wawancara telepon. Survei melibatkan 1.200 responden dengan margin of error 2,89 persen dan confidence level 95 persen. Responden tersebar di seluruh Indonesia.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif