Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Istimewa

Menko Polhukam Kantongi Inpres Tim Pemburu Koruptor

Nasional kasus korupsi
Nur Azizah • 14 Juli 2020 10:28
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sudah mengantongi instruksi presiden (inpres) terkait pembentukan tim pemburu koruptor. Mahfud bakal secepatnya mengaktifkan kembali tim tersebut
 
"Karena cantelannya inpres, maka inpres tentang tim pemburu aset, tersangka, koruptor dan tindak pidana lain sudah di Menko Polhukam. Sehingga, secepatnya akan segera dibentuk tim itu," kata Mahfud melalui akun Instagram pribadinya, Jakarta, Selasa, 14 Juli 2020.
 
Mahfud berjanji akan menampung seluruh masukan masyarakat. Saat ini, pihaknya telah merancang siapa saja bisa masuk tim tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tim itu melibatkan Kejaksaan Agung, Kemenkumham, Kepolisian, Kemendagri tentu saja karena menyangkut masalah kependudukan dan departemen teknis lainnya," lanjut dia.
 
Mahfud berharap anggota tim bisa bekerja bersama, bukan berebut. Dia juga ingin tim pemburu dan seluruh lembaga hukum yang menangani kasus korupsi dapat bersinergi.
 
"Tidak boleh saling serobot, tapi tetap berprestasi dalam posisi masing-masing," ucap dia.
 
Baca: Tim Pemburu Koruptor Bakal Kejar Djoko Tjandra
 
Tim pemburu koruptor pernah dibentuk pemerintah. Namun, tim yang juga dibentuk lewat inpres tersbut hanya berusia setahun.
 
Pengaktifan kembali tim pemburu koruptor menuai kritikan dari Indonesia Corruption Watch (ICW). Menurut ICW tim itu tak bermanfaat. Bahkan penegakan hukum dinilai makin semrawut.
 
"Kebijakan untuk membuat tim baru malah berpotensi tumpang tindih dari segi kewenangan," kata Peneliti ICW Wana Alamsyah di Jakarta, Jumat, 10 Juli 2020.
 
Wana menyebut cara paling mujarab untuk bisa menangkap buronan kasus korupsi, yakni lewat memperkuat hukum. Penambahan tim tanpa hukum yang diperkuat dinilai bakal sia-sia.
 
Baca: ICW Nilai Tim Pemburu Koruptor Bikin Hukum Semrawut
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif