Arif Budimanta (kanan)--Antara/Puspa Perwitasari
Arif Budimanta (kanan)--Antara/Puspa Perwitasari

Anggaran Dinas Anggota DPR Fantastis, Perlu Aturan Baku

Nasional
Renatha Swasty • 23 September 2014 09:04
medcom.id, Jakarta: Biaya fantastis perjalan dinas anggota DPRD/DPR RI disebut bisa menjadi pemasukan tambahan bila dipangkas. Hal ini terjadi karena belum ada standar baku terkait anggaran perjalan dinas tersebut.
 
Diakui politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Arif Budimanta, belanja barang perjalanan dinas pejabat tahun 2014 mencapai Rp18 triliun, angka yang tidak jauh berbeda muncul pada rencana anggaran tahun 2015. Angka ini dianggap tidak wajar, namun tidak ada opsi lain.
 
"Sampai saat ini kita tidak memiliki standar, misalnya satu aktivitas ada proyek seberapa besar untuk mendukung itu dilakukan monitoring ke luar kota, tiga, enam, sepuluh kali. Yang kedua berapa orangnya, belum ada standar berapa yang pergi, bisa satu kantor, kalau pejabat eselon tinggi yang pergi dua sampai tiga staf bisa ikut. Belum ada standar itu sekarang," kata Arif dalam bincang pagi di Metro Tv, Selasa (23/9/2014).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini biaya perjalan dinas dibayarkan dengan biaya umum per paket. Di mana dibayarkan per orang, per hari, per perjalanan dinas dilakukan.
 
"Ke depan harus ada standar baku untuk satuan kegiatan. kita punya standar baku seberapa banyak melakuakn perjalanan dinas, berapa banyak orang yang pergi," tambah dia.
 
Dengan begitu minimal dari biaya perjalan dinas bisa menghemat 5 persen dari total perjalanan dinas yang diajukan. Yang kemudian dapat dialokasian ke sektor lain, misalnya infrastruktur.
 
"Rapat perlu untuk menghasilkan putusan, monitoring juga perlu untuk melihat di daerah-daerah tapi kuantitas harus terukur. Sekarang kita sedang memajukan desentralisasi, sehingga perjalanan dinas ke daerah tidak perlu terlalu banyak," tutup Arif.

 

(LAL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif