Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Dok pribadi
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Dok pribadi

Pemerintah Diminta Mengatasi Rendahnya Kepatuhan Prokes Masyarakat

Nasional Partai NasDem partai politik Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 protokol kesehatan Lestari Moerdijat
Anggi Tondi Martaon • 30 Juli 2021 17:02
Jakarta: Pemerintah diharap segera mengevaluasi kedisiplinan protokol kesehatan (prokes) masyarakat. Pasalnya, publik masih acuh tak acuh untuk mencegah penularan covid-19.
 
"Sangat memprihatinkan, sudah satu setengah tahun masa pandemi, tingkat kesadaran pelaksanaan prokes oleh masyarakat masih rendah," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) melalui keterangan tertulis, Jumat, 30 Juli 2021.
 
Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per Juli 2021, tingkat kepatuhan penggunaan masker di 95 dari 394 kabupaten/kota kurang dari 75 persen. Sementara itu, tingkat kepatuhan menjaga jarak di 112 dari 394 kabupaten/kota kurang dari 75 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Rerie, masih adanya kelompok masyarakat yang mengabaikan prokes berdampak buruk terhadap penyebaran covid-19. Salah satunya berpotensi menciptakan klaster covid-19.
 
Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu ingin catatan Satgas Covid-19 segera ditindaklanjuti. Pemahaman masyarakat terhadap pentingnya prokes perlu segera ditingkatkan.
 
Baca: Lestari Moerdijat: Semua Parpol Harus Perjuangkan Pengesahan RUU PKS
 
Selain itu, dia menduga rendahnya penerapan prokes karena masih ada kelompok yang abai dan tidak mempercayai keberadaan virus korona. Permasalahan ini juga perlu dicarikan jalan keluarnya.
 
"Bila tidak segera diberi pemahaman, kelompok masyarakat tersebut berpotensi memengaruhi masyarakat lainnya untuk abai dalam bersikap menghadapi covid-19 atau bahkan berpotensi menyebarkan hoaks," ungkap dia.
 
Dia menegaskan pengendalian covid-19 membutuhkan peran seluruh pihak. Pembatasan tidak akan pernah berakhir selama masih ada masyarakat yang abai terhadap covid-19.
 
Pemangku kepentingan diharap konsisten menyosialisasikan pentingnya prokes. Selain itu, semangat gotong-royong di tengah masyarakat perlu dibangkitkan dalam mengatasi penyebaran virus korona.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif