Wapres Ma'ruf Amin. Foto: BPMI Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin. Foto: BPMI Setwapres

Wapres Ingatkan Kepala Daerah Perkuat Penanganan Kemiskinan Ekstrem

Nasional kemiskinan Wapres maruf amin Kemiskinan Ekstrem
Antara • 18 Oktober 2021 04:00
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta seluruh kepala daerah memperkuat penanganan kemiskinan ekstrem. Kepala daerah didesak memastikan rumah tangga miskin ekstrem mendapatkan seluruh program bantuan pemerintah. 
 
"Gubernur dan para bupati agar juga memperkuat perencanaan dan penganggaran program pengurangan kemiskinan ekstrem dalam APBD, khususnya yang sesuai dengan karakteristik miskin ekstrem di wilayah masing-masing," kata Ma'ruf Amin dalam rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan ekstrem di Nusa Tenggara Timur, Minggu, 17 Oktober 2021.
 
Menurut dia, hingga akhir 2021, pemerintah akan memberikan bantuan tambahan berupa uang tunai untuk rumah tangga miskin ekstrem. Bantuan berupa tambahan ini dianggarkan pemerintah dalam bentuk program sembako dan bantuan langsung tunai (BLT) desa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Wapres: Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Papua Rampung Akhir 2021
 
Di NTT, bantuan tambahan disalurkan di Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur. Total penduduk miskin ekstrem di lima kabupaten prioritas di NTT tersebut mencapai 212.672 jiwa dengan jumlah rumah tangga miskin ekstrem 89.410.
 
Penduduk miskin ekstrem di Sumba Timur mencapai 45.550 jiwa atau 17,47 persen. Di Timor Tengah Selatan, ada 81.180 penduduk miskin ekstrem atau 17,30 persen, Rote Ndao 28.720 jiwa atau 16,21 persen, Sumba Tengah 15.820 jiwa atau 21,51 persen, dan Manggarai Timur 44.630 jiwa atau 15,43 persen.
 
Selain NTT, ada enam provinsi lain yang menjadi daerah prioritas penyelesaian kemiskinan ekstrem pada 2021. Wilayah ini ialah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif