Peresmian Kawasan Gunung Kemukus di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Istimewa.
Peresmian Kawasan Gunung Kemukus di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Istimewa.

Diresmikan, Kawasan Gunung Kemukus Diharap Bangkitkan UMKM di Sragen

Nasional Pariwisata wisata UMKM DPR RI UMKM Indonesia
Antara • 27 April 2022 21:14
Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani meresmikan penataan Kawasan Gunung Kemukus di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Perubahan wajah Kawasan Gunung Kemukus ini diharap dapat mendorong kebangkitan pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sragen.
 
"Saya berharap ke depan, kalau ke Sragen salah satu tujuan adalah Gunung Kemukus. Jadi bisa mengubah citra Gunung Kemukus yang dulu, menjadi citra yang lebih baik. Bisa membawa berkah dan faedah bagi masyarakat Sragen dan sekitarnya," kata kata Puan melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 26 April 2022.
 
Kawasan wisata Gunung Kemukus ini ditata pemerintah sejak Oktober 2020 dan rampung pada akhir 2021. Puan mengaku senang dapat menghadiri peresmian penataan Kawasan Gunung Kemukus tersebut. Dia yakin kawasan ini menjadi ikon baru Kabupaten Sragen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satu ciri daerah yang maju adalah memiliki ikon pariwisata. Di Jakarta ada Monas, di Medan ada Istana Maimun, di Manado ada Bunaken, dan banyak lagi daerah dengan ikonnya masing-masing," kata dia.
 
Menurut dia, peresmian penataan Kawasan Gunung Kemukus ini adalah momen tepat karena bertepatan dengan masa cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Sehingga, jumlah pengunjung kawasan wisata Gunung Kemukus diharap bisa meningkat di musim libur lebaran ini.
 
Selain meresmikan, Puan memberikan bantuan gerobak untuk sejumlah UMKM yang ada di kawasan objek wisata. Salah satu yang menerima adalah Yuli, yang mencari nafkah di Gunung Kemukus sebagai pedagang jajanan.
 
Baca: Bantu UMKM, JIEP Salurkan Modal Usaha Rp315 Juta
 
Yuli mengaku senang kawasan wisata Gunung Kemukus sudah lebih tertata dan bagus. Wajah baru ini diharap dapat menarik perhatian wisatawan dan tentunya bisa berdampak positif pada usaha Yuli.
 
"Sekarang tempatnya sudah bagus. Dibangunnya jembatan juga sangat membantu. Karena dulu harus naik perahu yang ongkosnya cukup mahal. Sekitar Rp20 ribu–Rp30 ribu. Sekarang sudah bisa naik ojek," kata Yuli.
 
Semua pihak diminta turut menjaga kebersihan kawasan Gunung Kemukus yang sudah dipercantik dan ditata rapi ini. Kebersihan dinilai penting agar kawasan Gunung Kemukus menjadi tujuan wisata positif.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif