Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Istimewa
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Istimewa

Jokowi Jadi Pembicara di KTT Asean-RoK

Nasional indonesia-korea
Damar Iradat • 25 November 2019 11:59
Jakarta: Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Republic of Korea (RoK), Busan, Korea Selatan (Korsel). Jokowi menjadi salah satu pembicara kunci dalam pertemuan tersebut.
 
"Setelah itu, Bapak Presiden akan melakukan working luncheon dengan beberapa CEO terpilih dari Korea Selatan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Senin, 25 November 2019.
 
Jokowi juga diagendakan mengikuti pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Presiden Jokowi dan Presiden Moon Jae-in akan menyaksikan penandatanganan kesepakatan antara kedua negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu kesepakatan, yakni selesainya negosiasi kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia dan RoK. Ada pula kesepakatan soal bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas serta nota kesepahaman kerja sama teknis relokasi dan pengembangan ibu kota.
 
Pada malam hari, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan menghadiri jamuan santap malam KTT ASEAN-RoK. Konferensi ini menjadi peringatan 30 tahun hubungan ASEAN-RoK.
 
"Jadi ini adalah commemorative summit antara ASEAN dan RoK," jelas dia.
 
Di Busan, Jokowi juga menyempatkan menghadiri pertemuan ilmuwan dan peneliti dari Indonesia. Setelah itu, Presiden akan meninjau pameran inovasi pelayanan publik di Busan Exhibition and Convention Center (BEXCO).
 
Retno mengatakan Indonesia ambil bagian dalam pameran tersebut. Indonesia menampilkan dua hal, yaitu Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional/Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) dan juga e-HakCipta.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif