Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Papua Masih Jadi Wilayah Paling Rawan Konflik Pilkada

Nasional Pemilu Serentak 2020
Whisnu Mardiansyah • 26 November 2019 14:40
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan merilis daftar indeks kerawanan pemilu (IKP) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Salah satu yang paling disorot ialah wilayah Papua.
 
"Di situ yang pilkada ada sembilan kabupaten. Kalau tidak salah dan menurut teman-teman itu daerah yang kategori rawan," terang Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin kapada Medcom.id, Selasa, 26 November 2019.
 
Bawaslu segera berkoordinasi dengan aparat keamanan mengantisipasi kerawanan konflik di Papua. Informasi masalah-masalah potensi rawan konflik bakal dikaji dengan pemangku kepentingan terkait.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita akan bertemu dengan Kepolisian termasuk dengan TNI dan juga Menko Polhukam dan BIN biasanya begitu baru kita sinergikan koordinasinya," ujar Afif.
 
Afif menuturkan setiap wilayah berbeda karakteristik potensi rawan konflik. Data-data masih dikombinasikan berdasarkan pemetaan kerawanan konflik di Pemilu Serentak 2019.
 
"Kita akan analisis semuanya perkembangan-perkembangan datanya banyak sekali karena pasca pemilu serentak," kata dia.
 
Salah satu yang menjadi sorotan ialah politik uang. Kerawanan politik uang di Pilkada 2020 dinilai masih cukup tinggi.
 
“Kerawanan politik uang yang menjadi mayoritas obrolan para pihak terkait dengan kecurangan, bisa kita intervensi dengan patroli dari sosialisasi,” jelas Afif.
 
Bawaslu mengimbau pengawas tingkat provinsi hingga kabupaten/kota mmengantispasi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada Pilkada Serentak 2020. Dia menyebut publik lebih percaya penelitian analisis angka ketimbang analisis kata-kata.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif