Ketua DPP NasDem bidang Pertanian dan Maritim Emmy Hafild/Medcom.id/Arga Sumantri
Ketua DPP NasDem bidang Pertanian dan Maritim Emmy Hafild/Medcom.id/Arga Sumantri

Kongres NasDem Akan Sampaikan Rekomendasi untuk Pemerintah

Nasional partai nasdem
Arga sumantri • 22 Agustus 2019 03:06
Jakarta: Partai NasDem mulai bersiap jelang Kongres ke-2 yang bakal digelar 9-11 November 2019. Sejumlah rekomendasi untuk kemajuan bangsa disiapkan dan bakal disampaikan kepada pemerintah melalui forum Kongres.
 
"Sejumlah rekomendasi akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo pada saat Kongres ke-2 NasDem," kata Ketua DPP NasDem Emmy Hafild di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019.
 
Emmy mengatakan, NasDem tak ingin terjebak dengan dinamika politik praktis terkait kekuasaan. Setelah Pemilu, NasDem ingin fokus menyuarakan hal-hal yang lebih kongkret untuk kemajuan bangsa dalam bentuk rekomendasi di sejumlah bidang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emmy mengatakan selama ini partai dinilai terlalu sibuk pemilu dan urusan kursi di kabinet. Menurut Emmy, Ketua Umum NasDem Surya Paloh menginginkan partainya tak ikut-ikutan terlalu berkutat soal kekuasaan.
 
"Ketua Umum kami Pak Surya Paloh menginginkan NasDem berbeda. Bagaimana kut memberikan sumbangan-sumbangan pemikiran besar untuk kemajuan bangsa," ujarnya.
 
Emmy menjelaskan dalam struktural partai, NasDem memiliki bidang-bidang yang bertanggung jawab terkait sejumlah hal. Misalnya, pemerintahan daerah, lingkunhan hidup dan kehutanan, kesehatan anak dan perempuan, pemuda dan olahraga, serta pertanian dan maritim. Jelang kongres, setiap bidang akan menggelar focus group discussion (FGD) untuk bisa menghasilkan rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah.
 
"Kami punya tanggung jawab masing-masing dan pemikiran-pemikiran itu yang ingin disampaikan oleh NasDem," ujarnya.
 
Hari ini, NasDem menggelar FGD bertajuk Agri dan Maritim 4.0. Diskusi fokus membahas apa-apa saja yang harus dilakukan guna mengembangkan dua bidang itu menghadapi revolusi industri 4.0.
 
FGD yang diinisiasi Fraksi dan DPP NasDem menghadirkan sejumlah profesional. Salah satunya, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali. Ada juga Rektor Institute Pertanian Bogor Arif Satrya dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Jamhari SP. Kemudian, Ahli Teknologi Artificial Intelijen Binus Widodo Budiharto, CEO Hara Token Omron Zuhri, CEO 8Villages.com Sanny Gaddafi, dan CEO Mushome Widya Putra.
 
Sementara, pembicara dari NasDem sendiri yakni Emmy Hafild selaku Ketua bidang Pertanian dan Maritim DPP NasDem, Anggota Komisi IV DPR Fraksi NasDem Fadholi. Hadir pula eks Menteri Perdaganyan Rachmat Gobel, dan Ketua DPP NasDem sekaligus eks Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif