Presiden Jokowi. Foto: Hafidz Mubarak
Presiden Jokowi. Foto: Hafidz Mubarak

Jokowi Tawarkan Konsep Pembangunan Indo-Pasifik ke Negara ASEAN

Nasional ktt asean
Desi Angriani • 01 November 2019 21:16
Jakarta: Presiden Joko Widodo bakal menawarkan konsep pembangunan Indo-Pasifik dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, besok. Konsep itu dipercaya akan menurunkan biaya logistik di kawasan ASEAN.
 
"Membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pasifik, sehingga akan memberikan dampak ekonomi yang baik kepada anggota-anggota ASEAN, terutama kepada mudahnya hubungan antarnegara, murahnya biaya logistik," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 
Menurutnya konektivitas antarnegara ASEAN akan mendorong tumbuhnya perekonomian di kawasan tersebut. Hal ini dikarenakan mudahnya pertukaran barang akan membuat produk-produk menjadi lebih berdaya saing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini menjadi lebih gampang dan juga kita harapkan dengan konektivitas yang baik tadi competitiveness (daya saing) dari produk-produk yang diproduksi oleh negara ASEAN jadi lebih kompetitif," ungkapnya.
 
Jokowi menambahkan konsep itu juga akan membantu negara ASEAN dalam menghadapi perlambatan ekonomi dunia. Sebab, tak ada negara yang bisa memprediksi ketidakpastian global.
 
"Sehingga kita bicara yang konkret, lebih jelas yang ada di hadapan kita. Saya kira itu tadi Indo-Pasifik," pungkas dia.
 
Adapun KTT ke-35 ASEAN, dan KTT terkait lainnya, di gelar di Impact Convention and Exhibition Center, Nonthaburi, Bangkok, Thailand, pada 2-4 Nopember 2019.
 
Pertemuan itu bakal dihadiri 10 kepala negara/pemerintahan negara ASEAN, dan negara mitra ASEAN, yakni Jepang, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Korea Selatan, Amerika Serikat, India, Australia, Rusia, dan Selandia Baru, serta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF)
 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif