Wakil Presiden Ma'ruf Amin/Branda Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin/Branda Antara

Wapres Instruksikan Pelindungan Aset Kreatif Terus Digenjot

Nasional Wapres Ekonomi Kreatif UMKM maruf amin UMKM Indonesia
Emir Chairullah • 26 April 2022 15:09
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta pelindungan aset kreatif terus digenjot. Nyaris 90 persen kekayaan intelektual pelaku usaha ekonomi kreatif belum terlindungi.
 
“Sebagai model ekonomi yang bertumpu pada kekuatan sumber daya manusia, ekonomi kreatif membangun fondasinya di atas kekayaan intelektual,” katanya saat puncak peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2022 di Istana Wapres, Selasa, 26 April 2022.
 
Ma’ruf menyebut kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia begitu signifikan. Dia memerinci kontribusi tersebut mencapai Rp1.300 triliun pada 2021 dan mampu membuka lapangan kerja bagi 17 juta orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Secara persentase kontribusi terhadap PDB, Indonesia menduduki peringkat 3 besar dunia, setelah Amerika Serikat dengan Hollywood, dan Korea Selatan dengan K-Pop,” kata dia.
 
Baca: Wapres: Penataan Kawasan Wisata Mesti Tingkatkan Pemasukan Masyarakat
 
Karena itu, pelindungan terhadap aset kreatif tersebut yang dapat mendorong pertumbuhannya dengan pesat. Menurut Maruf, pelindungan terhadap modal intelektual sebagai aset tidak berwujud juga yang akan menjamin keberlanjutannya.
 
Dia menilai pemahaman urgensi pelindungan kekayaan intelektual menjadi salah satu aspek penting pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sehingga, sektor ekonomi itu semakin naik kelas.
 
“Diharapkan setidaknya 20 persen dari sekitar 64 juta UMKM di Indonesia dapat dilindungi kekayaan intelektualnya,” kata Maruf.
 
Wapres mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda terus bangkit sebagai insan kreatif, inovatif, dan inspiratif untuk Indonesia Maju. Dia meyakini pelindungan kekayaan intelektual memastikan pelaku ekraf terus berkreasi dan berinovasi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif