Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun/Medcom.id/Fachri
Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun/Medcom.id/Fachri

Dituduh Politis, ini Respons Pelapor Gibran-Kaesang

Nasional KPK Jokowi politik kaesang pangarep Gibran Rakabuming Raka
Fachri Audhia Hafiez • 15 Januari 2022 20:05
Jakarta: Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun membantah laporannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bermuatan politik. Dia melaporkan dugaan penyelewengan oleh perusahaan milik dua anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka.
 
"Bahwa ada kepentingan politik, enggak lah, saya kan ini akademisi saya bukan politikus, sebagai warga negara berhak untuk melakukan (laporan) itu," kata Ubed dalam diskusi bertajuk 'Politik Lapor-lapor KPK' di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, 15 Januari 2022.
 
Baca: Presiden Disebut Tak Berpikir Perkaya Keluarga Lewat Instrumen Negara

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ubed mengatakan dia siap jika laporannya itu berdampak pada hal lain. Dia siap menerima risiko karena langkahnya bersinggungan dengan politik.
 
"Risiko kemungkinan itu memang sudah saya pikirkan juga. Ini langkah yang sangat sensitif, sangat krusial, karena menyangkut keluarga istana," ujar Ubed.
 
Dua mengaku mendapat dugaan ancaman berupa telepon setelah melaporkan hal itu ke KPK. Ubed juga mendapat perundungan di media sosial.
 
"Saya bisa membedakan antara kritik, dia fokus pada isu atau laporan yang saya sampaikan dengan yang bersifat lain, yang mem-bully ya. Saya kira saya tidak meladeni mereka," ucap Ubed.
 
Ubedilah melaporkan Kaesang dan Gibran ke KPK pada 10 Januari 2022. Ubed menilai ada penyelewengan yang dilakukan oleh perusahaan yang dibangun kedua orang itu.
 
Dia mengatakan laporan ini didasari adanya penerimaan dana penyertaan modal untuk perusahaan gabungan yang dibuat Gibran dan Kaesang. Ubed menyebut perusahaan itu mendapatkan dana mencapai miliaran rupiah.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif