Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan. MI/Barry Fathahillah
Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan. MI/Barry Fathahillah

Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu Dilakukan 7-9 Februari

Nasional kpu bawaslu DPR RI Pansel KPU dan Bawaslu
Anggi Tondi Martaon • 29 Januari 2022 10:27
Jakarta: Komisi II bakal melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU dan Bawaslu. Kegiatan itu dilakukan pada pekan kedua Februari 2022.
 
"Terkait uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 akan dilaksanakan tanggal 7-9 Februari," kata anggota Komisi II Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, Sabtu, 29 Januari 2022.
 
Dia menyampaikan Komisi II akan rapat internal sebelum uji kepatutan dan kelayakan. Agenda rapat untuk menyusun teknis pelaksanaan uji kelayakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pekan depan teknis uji kelayakan akan kami bahas," ujar dia.
 
Selain itu, sejumlah kriteria akan dilihat Komisi II dalam uji kepatutan dan kelayakan. Di antaranya, menguasai informasi dan teknologi (IT).
 
Menurut dia, penyelenggara pemilu harus memahami IT. Sebab, perkembangan teknologi harus dimanfaatkan untuk efisiensi pemilihan.
 
"Karena itu, nanti kita lihat sejauh mana visi calon anggota KPU dan Bawaslu terkait hal itu (penerapan IT)," ujar dia.
 
Baca: DPR Segera Pilih Komisioner KPU-Bawaslu 2022-2027
 
Sebelumnya, DPR telah menerima daftar calon anggota KPU dan Bawaslu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan Keputusan Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum dan Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Masa Jabatan Tahun 2022-2027 Nomor 358/TIMSEL/I/2022, ditetapkan 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu.
 
Ke-14 nama calon anggota KPU August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne. Kemudian, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.
 
Sementara itu, 10 calon anggota Bawaslu terdiri dari Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif