Indonesia Banjir Pujian soal Penanganan Bencana

Achmad Zulfikar Fazli 12 Oktober 2018 13:12 WIB
tsunamiGempa Donggala
Indonesia Banjir Pujian soal Penanganan Bencana
Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding/Medcom.id/Fikar
Jakarta: Opini sekelompok orang yang menyebut pemerintah gagal menangani bencana di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah terbantahkan. Pemerintah justru mendapat pujian dari lembaga internasional.

"Pujian pertama dari Sekjen PBB, kedua IMF, dan Bank Dunia," kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, dalam konferensi pers di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Oktober 2018.

Menurut dia, tidak ada lagi celah mengkritik penanganan bencana yang dilakukan pemerintah. Apalagi, pujian diterima dari lembaga kredibel.


"Kalau yang menilai diri kita sendiri wajar, tapi kalau menilai orang lain dengan kredibilitas mereka masing-masing, saya kira semua patut menghormati itu," kata politikus PKB itu.

Baca: Sekjen PBB Puji Penanganan Bencana Sulteng dan Lombok

Menurut Karding, bencana di NTB dan Sulteng bukan hanya tanggung jawab Presiden Joko Widodo. Semua anak bangsa, termasuk calon presiden Prabowo Subianto, juga punya tanggung jawab yang sama sebagai warga Indonesia.

"Jadi mengkritik boleh, tapi meniadakan peran-peran negara dalam konteks bencana di Palu itu sesuatu yang absurd, tidak tepat dan tidak mendidik," ucap Karding.

Baca: Jusuf Kalla dan Sekjen PBB Meninjau Palu

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengkritik penanganan bencana di Donggala dan Palu, Sulteng. Pemerintah dinilai lambat sepeerti kehabisan tenaga setelah menangani gempa Lombok.

"Pemerintah seperti kelelahan (saat bencana) Lombok, kemudian bencana Palu dalam waktu dekat," kata Muzani di Hotel Santika Depok, Jawa Barat, Jumat, 5 Oktober 2018.

Pemerintah juga dinilai ketinggalan dalam layanan tanggap darurat di Sulawesi Tengah. Apalagi, sempat terjadi penjarahan yang memperburuk situasi.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id