Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal

Pemerintah Diminta Tak Setengah Hati Bantu Akses Tes Swab PCR

Nasional Virus Korona kemenkes DPR RI pandemi covid-19
Anggi Tondi Martaon • 03 Oktober 2020 12:38
Jakarta: Pemerintah diminta tidak setengah membantu masyarakat mengakses tes polymerase chain reaction (PCR) covid-19. Tarif maksimal Rp900 ribu untuk tes swab PCR dinilai tidak bersahabat bagi kelompok menengah-bawah.
 
"Seharusnya pemerintah mensubsidi biaya swab test agar masyarakat semua kelas dapat melakukannya. Sangat diharapkan pemerintah menggratiskan swab test," kata Anggota Komisi IX DPR Lucy Kurniasari dalam keterangan tertulis, Sabtu, 3 Oktober 2020.
 
Politikus Demokrat itu menegaskan pemerintah harus mengutamakan kesehatan. Pemerintah tidak boleh hitung-hitungan untuk keselamatan masyarakat di tengah wabah virus korona (covid-19) ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau pemerintah bisa mengalokasikan anggaran yang besar untuk penanganan ekonomi dan Pilkada, seharusnya hal yang sama juga dapat dilakukan untuk swab test," ungkap dia.
 
Baca: Kemenkes Tetapkan Harga Tertinggi Tes Swab PCR Rp900 Ribu
 
Dia menyebutkan alokasi anggaran kesehatan sangat besar. Anggaran itu dapat digunakan untuk mensubsidi hingga menggratiskan swab test.
 
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diminta mengkoordinasikan hal tersebut dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sehingga, alokasi anggaran pagu lain di bidang kesehatan dapat dialihkan untuk swab test.
 
Jika PCR test gratis dapat diwujudkan, pemerintah akan mudah mendeteksi penyebaran covid-19. "Sehingga penanganannya lebih mudah dilakukan oleh pemerintah," ujar dia.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif