Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Jelang Libur Panjang, Kemendagri Kumpulkan Seluruh Kepala Daerah

Nasional Virus Korona libur panjang protokol kesehatan
Anggi Tondi Martaon • 20 Oktober 2020 12:40
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengumpulkan seluruh kepala daerah. Pertemuan untuk membahas langkah-langkah menyambut libur panjang di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
"Dalam rangka menyampaikan beberapa SOP (standar operasional prosedur) yang terkait masalah mitigasi menghadapi libur panjang," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam Webinar HUT Ke-56 Partai Golkar, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Dia berharap pemerintah daerah (Pemda) menerapkan SOP dengan baik. Sehingga, ancaman peningkatan penyebaran covid-19 tidak terulang kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengingatkan Indonesia punya pengalaman peningkatan kasus covid-19 setelah melewati libur panjang pada Agustus 2020. Lonjakan penyebaran covid-19 terjadi di beberapa kota besar dan destinasi wisata.
 
(Baca: Wagub DKI Minta Warga Tak ke Luar Kota Saat Libur Panjang)
 
"Sehingga, kita harus mempersiapkan lebih dini agar tidak terulang lagi kasus lonjakan seperti periode lalu," ungkap dia.
 
Beberapa SOP yang sudah ditetapkan pemerintah pusat yaitu penerapan protokol kesehatan. Masyarakat diminta tidak mengabaikan ketentuan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
 
Pemerintah juga meminta pengelola wisata mematuhi ketentuan pembatasan pengunjung. Tempat wisata hanya boleh terisi maksimal 50 persen.
 
Pemerintah juga meminta bantuan aparat keamanan, baik Polri, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengawasi libur panjang pada 29 Oktober 2020 sampai 1 November 2020. Penyebaran virus korona diharapkan bisa dikenadalikan selama libur panjang.
 
"Sehingga upaya untuk mengurangi bisa tercapai," ujar dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif