Masjid Istiqlal ilustrasi. ANT/Aditya Pradana Putra
Masjid Istiqlal ilustrasi. ANT/Aditya Pradana Putra

Pengurus Wajib Siapkan Sejumlah Hal Membuka Kembali Rumah Ibadah

Nasional Virus Korona
Fachri Audhia Hafiez • 30 Mei 2020 17:40
Jakarta: Kementerian Agama memperbolehkan rumah ibadah kembali mengadakan kegiatan keagamaan di tengah pandemi covid-19 (korona). Salah satunya rumah ibadah harus memegang surat aman covid-19.
 
Menteri Agama Fachrul Razi menuturkan pengurus rumah ibadah juga wajib menyiapkan sejumlah hal. "Menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di area rumah ibadah," papar Razi dalam konferensi pers di Gedung BPNP, Jakarta Timur, Sabtu, 30 Mei 2020.
 
Rumah ibadah juga wajib melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala di rumah ibadah. Kemudian, membatasi jumlah pintu atau jalur keluar masuk rumah ibadah guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun, hand sanitizer di pintu masuk dan keluar rumah ibadah. Menyediakan alat pengecekan suhu di pintu masuk.
 
"Jika ditemukan pengguna rumah ibadah bersuhu di atas 37,5 derajat celsius tidak diperkenankan memasuki area rumah ibadah," tutur Razi.
 
Selanjutnya menerapkan pembatasan jarak dengan memberikan tanda khusus di lantai atau kursi minimal jarak 1 meter. Melakukan pengaturan jumlah jemaah atau pengguna rumah ibadah yang berkumpul dalam waktu bersamaan untuk memudahkan pembatasan jaga jarak.
 
"Mempersingkat pelaksanaan waktu ibadah tanpa mengurangi ketentuan kesempurnaan ibadah," tutur dia.
 
Memasang imbaun protokol kesehatan di area rumah ibadah pada tempat-tempat yang mudah terlihat. Selanjutnya, membuat surat pernyataan kesiapan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan serta memberlakukan penerapan protokol kesehatan secara khusus bagi jemaah yang datang dari luar lingkungan rumah ibadah itu.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif