Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Syafii Maarif.
Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Syafii Maarif.

Haedar: Buya Syafii Sosok Negarawan Bangsa

Nasional kebangsaan
Theofilus Ifan Sucipto • 31 Mei 2020 05:07
Jakarta: Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii dinilai sosok yang sangat mencintai bangsa. Semangat Buya Syafii itu diharapkan dapat menginspirasi tokoh negarawan lain.
 
"Buya tokoh yang pemikiran dan sikap hidup dipandang masyarakat luas sebagai sosok negarawan bangsa," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam telekonferensi, Jakarta, Sabtu, 30 Mei 2020.
 
Haedar mengatakan Buya Syafii telah melewati perjalanan hidup yang panjang. Pada puncak perjalanannya, Buya Syafii memberi makna yang spesial bagi kehidupan bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Buya juga dikenal karena pemikiran liberal dalam makna positif," ujar Haedar.
 
Buya Syafii, terang dia, telah membawa Muhammadiyah menjadi berwajah kultural tanpa politik. Menurut Haedar, politik memang penting, namun berbahaya bagi organisasi keagamaan bila masuk dalam pusaran kekuasaan praktis.
 
"Sikap partisan bukan ranah Muhammadiyah," ujar dia.
 
Menurut Haedar, Buya Syafii telah memberikan warna dan menghadirkan pemahaman tentang pluralisme. Kemajemukan itu diterapkan dalam keagamaan serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Haedar mengatakan pemikiran Buya Syafii yang inklusif merupakan bagian tidak terpisakan dari Muhammadiyah. Bahkan, Haedar menyebut Buya Syafii sebagai penerus semangat Kiai Haji Ahmad Dahlan.
 
"Menghadirkan Islam yang inklusif dan kemajuan kiprahnya. Tidak antirezim dan juga tidak masuk rezim tersebut," tuturnya.
 
Haedar berharap para negarawan lain bisa meneruskan semangat pluralisme yang ditanamkan oleh Buya Syafii. Para negarawan harus bisa menjadi tonggak persatuan di tengah perbedaan.
 
"Problem-problem kita selesaikan dan kita luruskan bersama agar lebih maju dan berjiwa negarawan dari generasi sebelumnya," ujar Haedar.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif