Komandan Komando Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. ANT/Saiful Bahri.
Komandan Komando Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. ANT/Saiful Bahri.

AHY Menemui Jokowi

Nasional partai demokrat
Dheri Agriesta • 02 Mei 2019 15:50
Jakarta: Presiden Joko Widodo dikabarkan akan bertemu Komandan Komdo Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Kepala Staf Presiden Jenderal Purn TNI Moeldoko menilai pertemuan itu tak spesial.
 
"Saya pikir hal yang biasa, biasanya tidak ada pembicaraan khusus," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.
 
Baca: Kubu Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Diminta Bijak

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus dikabarkan bertemu Jokowi sekitar pukul 16.00 WIB. Pertemuan itu akan dilakukan empat mata.
 
Moeldoko tak menjawab rinci siapa yang menginisiasi pertemuan. Komunikasi yang cair usai pemilu merupakan hal wajar dalam politik.
 
"Jadi saling mendengarkan dan mempertimbangkan sehingga saling sepakat," kata Moeldoko.
 
Mantan Panglima TNI ini menilai pertemuan antara Jokowi dan AHY bisa saja membahas kondisi politik terkini, terutama sesuai pilpres. Pemerintah membutuhkan banyak teman agar bisa bekerja efektif.
 
"Pemerintahan yang efektif ya sebanyak mungkin teman dan sebanyak mungkin koalisi yang semakin kuat, jadi politik itu dinamis," jelas Jokowi.
 
Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di sela pelantikan Gubernur Maluku Murad Ismail di Istana Negara. Zulkifli mengaku tak banyak yang dibahas dalam pertemuan itu.
 
Baca: Amien Rais Bisa Jadi Batu Sandungan PAN ke Koalisi Jokowi
 
Ia dan Presiden hanya berbicara tentang penyelenggaraan pemilu yang sangat panjang. Namun, Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menyebut pertemuan Jokowi dan Zulkifli sebagai sinyal untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Kerja.
 
PAN, kata Bara, akan melihat kembali posisi mereka usai Pilpres 2019. Lagipula, Bara menyebut kesepakatan antara PAN dan Prabowo hanya sebatas pilpres. Setelah itu, PAN bebas menentukan langkah yang sesuai kepentingan partai.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif