Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pemerintah Diminta Fokus Mengupayakan Pengadaan Vaksin Covid-19

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Arga sumantri • 22 Oktober 2020 22:01
Jakarta: Pemerintah diminta fokus mengejar target pemenuhan vaksin virus korona (covid-19) pada masyarakat dan menghindari kontroversi. Instabilitas politik terkait vaksin covid-19, seperti yang terjadi di Brasil, dinilai bisa menjadi pelajaran. 
 
Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menekankan vaksin merupakan kebutuhan yang mendesak bagi masyarakat. Menurutnya, pemerintah mesti fokus pada upaya produksi vaksin.
 
Pro kontra vaksin layaknya yang terjadi di Brasil penting untuk dicegah. Dia menyarankan seluruh pihak mendahulukan kepentingan masyarakat terkait vaksin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penemuan vaksin yang lulus uji klinis dalam negeri justru makin meningkat animo kepercayaan publik," ujar Pangi di Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2020. 
 
Baca: Ahli Epidemiologi Minta Uji Klinik Vaksin Tak Dihambat
 
Pangi pun mendorong pemerintah terus menjalin komunikasi kepada masyarakat terkait rencana produksi vaksin. Pola komunikasi publik pemerintah dinilai perlu lebih transparan. 
 
Sebelumnya isu terkait vaksin covid-19 Sinovac berkembang menjadi komoditas politik di Brasil. Hal ini tak terlepas pernyataan Presiden Brasil Jorge Bolsonaro yang menolak vaksin buatan Tiongkok tersebut.
 
Program vaksinasi covid-19 di Tanah Air juga menjadi sorotan jelang pelaksanaan yang dijadwalkan mulai November 2020. Banyak masukan dan informasi yang berkembang. 
 
Salah satunya, pemerintah diminta tak tergesa-gesa melakukan vaksinasi sebelum keamanan dan efektivitasnya terjamin. Pola komunikasi terkait program vaksinasi juga diminta lebih terbuka, misalnya tentang kualitas vaksin yang digunakan.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif