Ilustrasi suasana salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung. Dok. Medcom
Ilustrasi suasana salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung. Dok. Medcom

Pemerintah Menghibahkan Rp3,3 Triliun untuk Pariwisata

Nasional Virus Korona pariwisata indonesia percepatan pemulihan pariwisata
Nur Azizah • 21 Oktober 2020 14:46
Jakarta: Pemerintah menghibahkan anggaran Rp3,3 triliun untuk membantu sektor pariwisata di daerah. Anggaran tersebut bagian dari program pemulihan ekonomi nasional.
 
"Anggaran ini untuk membantu pemda (pemerintah daerah), serta industri hotel dan restoran yang saat ini sangat mengalami penurunan pendapatan serta gangguan finansial akibat pandemi covid-19," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dalam konferensi video di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Oktober 2020.
 
Wishnutama berharap melalui hibah tersebut destinasi pariwisata yang aman protokol kesehatan semakin meningkat. Kepercayaan masyarakat terhadap tempat wisata juga naik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena pelaksanaan protokol kesehatan dengan baik adalah kunci keberhasilan sektor pariwisata agar dapat lebih cepat bangkit kembali," ungkap dia.
 
Baca: NTT Siapkan 3 Langkah Reaktivasi Pemulihan Pariwisata
 
Dana hibah itu akan dikirim ke 101 kabupaten/kota yang ada di 34 provinsi. Setelah uang diterima, pemerintah daerah akan membagikannya ke hotel, restoran, dan tempat wisata lainnya di kota tersebut.
 
"Hibah pariwisata dilakukan melalui mekanisme transfer ke daerah sebesar 70 persen untuk hotel dan restoran berdasarkan data realisasi PHPR atau pajak hotel dan pajak restoran tahun 2019," jelasnya.
 
Kemudian, sebesar 30 persen dana hibah diberikan ke daerah untuk penanganan dampak ekonomi dan sosial akibat covid-19, terutama pada sektor pariwisata. Hibah pariwisata ini akan dilaksanakan hingga Desember 2020.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif